Revolusi Doa, Rezeki dan Memberi

Ya Allah. Ya Razzaq. Ya Fattah. Berikanlah aku rezeki yg bermanfaat. Yang halal. Yang Engkau berkahi.

Itu salah satu doa yg hampir tidak pernah tinggal di setiap akhir sholat di fase hidup saya sekarang. Kecuali emang lagi buru-buru biasanya doa singkat aja hehe (but to be honest it is so seldom, seburu-burunya tetap wajib menyempatkan).

Seperti biasa, doa-doa default saya yang menggunakan Bahasa Indonesia, biasanya berubah-ubah bergantung fase-hidup dimana saya berada. Ketika dulu SMA, terus berdoa bisa belajar di kampus di Jawa. Sama bisa juga belajar di luar negeri. Waktu awal-awal kuliah, minta diberikan kemudahan dalam menjalaninya, mudah beradaptasi & mendapat ilmu bermanfaat.

Terkadang ada juga waktu-waktu khusus yang doa default-nya dibuat untuk jangka pendek, misal ketika lagi pegang amanah di kampus minta supaya bisa tanggung jawab, amanah sebagai pemimpin dan dikuatkan pundak dalam memikulnya. Kemudian waktu sedang menjalani exchange minta dimudahkan dan dilancarkan hingga pulang. Dan tidak memalukan nama baik kampus. Yang doa-doa itu hanya dibacakan di jangka waktu pendek tersebut, bilamana sudah selesai urusan-urusannya, doa tersebut dihapus dan diganti dengan doa default yang baru.

Nah di fase mulai bekerja ini -fase ketika mulai benar-benar total lepas dari orang tua; fase permulaan bertanggung jawab dalam mencari rezeki sendiri- Doa yg saya tulis di paling atas tadilah yg menjadi salah satu doa “default” saya setelah sholat. Saya coba ulangi yaitu:

Ya Allah. Ya Razzaq. Ya Fattah. Berikanlah aku rezeki yg bermanfaat. Yang halal. Yang Engkau berkahi

Sebenernya doa tersebut sempat berevolusi. Mulai saat awal-awal mintanya rezeki yg melimpah. Terus mikir dibanding melimpah kayaknya yang lebih penting terjamin kehalalannya. Kalo melimpah tapi ga halal kan ga oke juga. Berubahlah doanya menjadi rezeki yang halal. Terus mikir lagi tapi penting juga keberkahannya. Bisa saja halal tapi Allah ga ridha & ga diberkahi kan sia juga. Jadi kembali direvisilah doa tersebut menjadi rezeki yang halal & berkah. Terus mikir lagi kalo bisa juga rezeki ini bisa bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Pengen rasanya berbagi sekecil apapun ketika diberi rezeki. Akhirnya jadilah doa-nya seperti sekarang. Meminta rezeki yg halal. Berkah. Dan bermanfaat.

Image result for memberi

Semakin kesini, diri ini juga semakin sadar doa benar-benar senjata utama manusia dalam menjalani hidup. Jadi jangan main-main dengan doa yg kalian ucapkan. Kalo abis sholat cuma berdoa seadanya. Ya maksimum dapet nya juga seadanya. Maksimum loh ya. Titik tertinggi. Kan semua doa juga belum tentu dikabulkan. You know what I mean. Allah always has reason intinya.

Nah dari perenungan tersebut -yang saya lakukan ketika dalam perjalanan pulang ke Jakarta dari Yogyakarta- jadi terbesit pengen cerita dikit di blog. Dikit aja sih. Semoga tidak dinilai pamer atau riya oleh malaikat, aamiiin. Toh rezeki yang saya dapat juga mungkin belum seberapa dibanding banyak temen saya lainnya yg satu angkatan. Atau bahkan sudah sangat seberapa. Tidak ada yang tahu.

Rezeki setiap orang kan semuanya juga sudah diatur. Korelasi satu sama lain nilainya nol, jadi gaada hubungan sama sekali. Jadi seharusnya gaada tuh istilah rumput tetangga lebih hijau. Karena soal rezeki ibarat kita dengan tetangga tinggal di apartemen. Kan gada rumputnya. Ya ga (?) Sama klo di apartemen kan ada HGB tuh, atau Hak Guna Bangunan. Cuma 25 atau 50 tahun apa ya. Abis itu dirubuhin deh. Nah seperti itu juga rezeki di dunia. Ntar bakal dirubuhin oleh Allah juga kan. Kapan? Yg ketika kita meninggal. Jadi kita-kita ini ada yg tinggal di “apartemen dunia” selama 60 tahun. 70 tahun. Ada juga yang HGB nya di dunia cuma 30 tahun, atau 20 tahun. Atau bahkan satuan tahun. Nah kita tinggal di apartemen mana nih? Cuma Allah yg tahu.

Rumput tetangga yang lebih hijau tadi ada nya nanti ketika di akhirat. Di rumah Allah di surga kelak. Sekarang selagi masih tinggal di apartemen sementara ini gimana cara nya kita menabung & berinvestasi untuk membeli rumah dengan rumput sehijau-hijau nya dengan cara beramal sebanyak banyak nya.

Nyambung kan (?). Mau aga sok filosofis gitu tapi pusing sendiri haha.

Intermezzo. Balik lagi tadi niat awalnya pengen cerita. Pas dari Jogja minggu kemarin. Baru balik dari sana kebetulan. Liburan sekaligus pulang, karena rumah orang tua sekarang disana.

Singkat cerita saya, ayah, ibu & dua adik saya jalan-jalan di Jogja City Mall atau JCM. Mall lumayan elit gitu di jogja. Mungkin klo di Jakarta sekelas Sency atau GI. Karena banyak store-store branded di dalem nya.

Tiba-tiba adik minta dibeliin sepatu. Butuh kata-nya. Sejak kecil kami-kami juga sering beli sepatu jarang di mall. Apalagi dulu di Palembang juga gaada mall-mall gede kayak Jakarta. Jadi mentok-mentok nya ya di Ramayana. Matahari. Atau Bata.

Saya juga baru tau brand-brand oke sejenis Nike, NB, Reebok, Vans, Crocs; kayak nya baru pas awal-awal kuliah di bandung. Juga sejenis Clarks, Hush Puppies, Skechers, Wakai; ya pas awal hijrah di Jakarta ini. Karena kantor deket banget GI dan temen-temen kantor sering belanja di sana, jadi baru tau. Haha. Biasanya dulu mah bodo amat dengan merk. Yg penting bagus dan murah.

Seiring dengan terus berkembang nya zaman. Saya juga hidup 5 tahun di bandung. Sekarang di jakarta. Jadi mulai lah berkenalan lebih intim dengan brand-brand kelas atas. Karena efek teman & gaya hidup perkotaan sih memang sepertinya. Terutama ibukota. Tapi jujur saya bukan tipe yang buy everything gitu (padahal emg gada duit haha). Ga lah. Emang prinsip saya mah kebutuhan.

Needs not wants.

Prinsip ini tumbuh pas exchange dulu. Saat dapet beasiswa dari negara sana yang lumayan gede untuk ukuran mahasiswa, jadi lebih legowo dalam spending. Dan dulu hidup di perantauan luar negeri membuat saya berpikir untuk kebutuhan-kebutuhan utama ngapain hemat-hemat, kaya cari makanan yang halal, alat mandi yang bagus, nge-gym supaya sehat dll. Those are needs. Baru ketika keinginan kaya ganti HP baru, padahal HP lama masih bagus dan masih setara zaman. Shopping baju atau jam mahal yang karena dibanding dengan harga di Indo lebih murah di luar, tapi sebenernya ga butuh-butuh amat. Dst. Those are wants. Panjang klo diceritain. Haha

Tapi intinya I shop according to needs. Misal karena sekarang sering pake kemeja ke kantor dan butuh juga buat meeting dengan client. Tapi di lemari dikit kemeja nya. Dan hampir sama sekali gaada yang mahal, maksudnya yang memang bahannya bagus dan agak sedikit berwibawa kalo dipake gitu. Jadinya kan itu termasuk needs. Jadi dibelilah kemeja yang lumayan mahal. Yah minimal satu atau dua yang mahalan. Atau misal jeans lama udah sobek nih. Berarti needs. Kaos kaya nya juga sudah pada kecil. Needs. Jadi klo misal ada poloshirt keren. Diskon lagi. 50% akhir tahun. Tapi di lemari masih ada poloshirt yang masih bagus. Itu berarti lebih ke wants. Coret.

Balik lagi ke adik saya. Dia awalnya saya tanya dulu itu needs ga. Iya kata nya. Memang butuh sepatu buat olahraga gitu. Yaudah langsung aja saya suggest sekalian yg bagus & branded. Kalo untuk ukuran sepatu, harga memang sesuai kenyamanan. Jadi langsung aja beli yang mahal, saya nyaranin Nike, Adidas atau NB. Tinggal gesek nih pake debit.

Disini mulai menariknya.

Jujur ketika awal ke Jogja gaada niat sama sekali buat traktir adik. Tapi random aja gitu, langsung kepikiran buat beliin adik yang bagusan dikit. Padahal juga pengeluaran udah di stop tuh di bulan itu, biaya untuk shopping udah habis. Tapi random aja tetep mau beliin.

Akhirnya saya tersadar, itu kaya nya efek dari doa yang saya panjatkan. Yaitu rezeki yang bermanfaat.

Allah yang menggerakan hati ini. Sehingga doa dikabulkan. Tapi setelah ngebeliin -jadinya Adidas- satu buat adik. Rasa bahagia nya itu priceless banget euy. Mungkin adidas itu bukan yang paling baru atau paling mahal juga. Tapi bisa ngebeliin orang lain, apalagi adik sendiri, pakai gaji sendiri itu, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata lah bahagianya.

Unspeakable true happiness.

Terus adik yang satunya butuh juga, buat koas katanya. Random lagi, padahal gaada rencana sama sekali, tergerak aja bilang “yaudah jangan tanggung-tanggung lah, yang bagus dan branded sekalian”. Akhirnya saya ngajak adik dan orang tua ke Skechers. Emang lumayan mahal dan bagus, tapi setelah adik yang kedua ini pake nya, emang bener-bener nyaman. Skechers sih, US branded. “Beli aja langsung, nih pake debit”. Lagi-lagi random keluar dari mulut.

Image result for skechers

Disclaimer: tulisan ini tidak dipersembahkan oleh Skechers (yakali)

Terus tiba-tiba ibu juga ngeliat sepatu yang bagus di Skechers. Dan kata ibu emang enak banget dipake. “Yaudah beli aja satu, itumah standar di Jakarta. Tinggal gesek doang”. Aga sok-sokan dikit padahal belum pernah juga beli Skechers. Tapi sekali lagi, bener-bener ga kepikiran sama sekali itu sepatu harga nya berapa, saldo berkurang berapa. Bener-bener lepas aja karena tadi udah bahagia beliin adik. Jadi pengen tambahin rasa bahagia itu lagi aja, dengan beliin ibu & adik yang satunya.

Tiba-tiba random lagi.

“Bapak lah sekalian, itu sepatu, plis, udah jelek banget”. Nunjuk sepatu yang bapak pake sekarang.

Langsung saya ambil contoh sepatu Skechers untuk middle age gitu, terus suruh Bapak pake. Langsung kerasa. Enak banget emang Bapak pake nya. Bener-bener nyaman dan ergonomis. Yah namanya branded dan mahal. Pasti risetnya oke.

Gampang nih tinggal gesek aja gabungin.

Udah gitu aja. Gada petunjuk atau omen apa-apa. Habislah lumayan banyak berapa gitu karena pake debit saya. Padahal biasanya, kalo mau belanja itu mikir-mikir, masih masuk budget ga ya. Beli ga ya. Bener-bener butuh ga ya. Tapi kasus sekarang, woles we beliin mereka berempat. Ibu malah beli dua. Hehe.

Tapi memang balik lagi, Allah mengabulkan doa saya. Saya memang minta nya rezeki ga cuma halal & berkah saja. Tapi bisa bermanfaat. Random aja pas emang langsung bisa beliin sekeluarga semua sepatu baru. Pakai hasil dari gaji sendiri. Alhamdulillah.

WhatsApp Image 2017-01-07 at 20.09.15.jpeg

Muda & bergaya 8)

Kesimpulannya memang rezeki terutama harta, tidak akan kita bawa mati ketika meninggal, kecuali apa-apa yang kita belanjakan untuk kebaikan. Sisanya akan ditinggalkan,  bahkan diperebutkan. Itu salah satu pelajaran yang saya dapatkan -yang kebetulan baru beres baca- dari novelnya Tere Liye, Tentang Kamu. Recommended bagus banget!

Seperti juga dikutip dari buku Tuesday with Morrie oleh Mitch Albom, yang baru beres baca juga. Justru kekuatan memberilah yang membuat Morrie merasa lebih hidup. Bukan mobil dan rumahnya, ataupun apa yang dilihat dicermin. Ketika dia memberikan waktunya untuk orang lain. Kepeduliannya. Kesediaan bercerita. Ketika dia bisa membuat seseorang tersenyum setelah sebelumnya merasa sedih, justru itu yang membuat nya merasa sehat meski fakta akan penyakit yang dideritanya, yang terus mendekatkannya dengan kematian.

Last but not least, semoga kita semua diberikan keistiqomahan untuk terus berdoa, dan berusaha mencari rezeki yang halal. Yang diberkahiNya. Dan bisa memberikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Aamiin.[]

Advertisements

Heart theory: stone, cotton and time-discrete

You know a stone? It’s totally hard and firm. That’s what our heart is. And cotton? So soft, fluffy and white. That’s what our heart is as well. In certain discrete time-frame.

I learned new thing again yesterday. My friend randomly invited me to join Islamic Study (Kajian Islam) yesterday at Masjid Al Azhar, not too far from my office in fact. But due to my heart is still in firm condition, I refused his invitation. “C’mon I was so tired after office and it was so lazy to burden my mind again with such thing”, that was my thought at that time.

Flashback in past, there were some moments that I was truly enthusiast to join islamic study, mentoring, or kind like those things, even the place were so far from mine, even my mind was still full of stressful stuffs and even the weather is in super hot and rain condition. “I need to recover my tiring mind out of these perishable things and I’d love to join it”, that was my thought at that time.

See my point?

Well that our heart is. Unstable and full of uncertainties. Therefore

“In term of asking someone to do something, if the time is not right, it’s improbable”

We cannot force someone to do something we want arbitrarily. Well I use a word “Improbable” which means almost never happen (let’s say 90%), not “Impossible” which 100% never happen. In certain condition we could, but it’s extremely rare.

Because heart is something we are not able to touch. Heart is the business between only the creature and its Creator. We cannot interfere with that.

The changes in our heart is likely framed at the discrete-time coordinate. It’s digital and be able to change drastically between one signal to another.

So we cannot guess the heart of someone by looking at the signs, omens or indication in the every time like continuous one has (left graph), but only in some sampling times. Let me try to explain as simple as possible.

  1. Heart of someone x(t) changes through time (t) in the continuous left-graph. Only s/he knows what happen to his/her heart through time, and indeed with his/her Creator.
  2. We see someone’s heart x[n] just in sampling time [n], not in continuous one (t), because we cannot follow his/her activities everyday like a squire. Therefore if we see someone at x[1] = in the morning, then we see him/her again at x[2] = in the night, and he/she changes drastically, it’s normal, because its just sampling time at n=1 and n=2. Those in between x[1] and x[2] which is in the afternoon, we aren’t able to know.

Okay, I wish you got my point, lol. And anyway it’s just what so-called match-ology, don’t take it so serious. The simple conclusion of that above complicated theory is

“Heart is a business between people and the Creator, and it is possible to change unpredictably through time, like sometimes it could be hard like a stone or soft like a cotton”

But what are the applications of this random heart-hypothetical-theory? Let’s see:

Relationship within family

All family members must understand this theory so that each of them will understand one to another.

For example a husband who found his wife changes suddenly after he came back from the office, then it’s normal. Don’t be so shock. Because heart is able to change even for no reason.Therefore the husband has to realize he has to be more patient than before and wait for the right time to talk. And it’s vice versa for the wife too.

The parents also have to realize the children’s heart are able to change unpredictably as well. Therefore it needs more understanding and patient to face them. Sometimes strict action is needed, otherwise smooth action might be the best one. Well there is no formula and exact theory related to this, you have to learn directly and with the hindsight.

Time spending within family

Discrete time signal is able to become similar to continuous one by using as many as samples [n] possible or if the sampling time is near to infinite.

Therefore in order to know someone’s heart more accurately, we have to spend as much time as possible with him/her, or in this case with our family. Especially for the parents to their children, time is the most precious thing they can give more than anything at all.

Da’wah

Like things I mentioned before in the second and third paragraph, heart or in this case iman is up and down through time. We as a d’ai (someone who do da’wah, or someone who ask people for good things) must also know this theory that the heart is always changing.

For example today we ask our friend to do prayer at Masjid and he refused, that means at that time his heart is still in stone phase. What we have to do is don’t get bored to ask them, but also not in rapid repetition. Wait for the time, and ask him again slowly. There should be a time his heart becomes like a cotton and he will join us to go to the mosque. Those are also valid for such asking to join ta’lim, fasting, mentoring, etc.

Soulmate Hunting

And last but not least, maybe the foremost one, this theory is also applicable for soulmate hunting. Lol.

The heart of a man or woman is able to change. Therefore there was a proverb that never give up before get rejected 21 times. Okay it’s a bit exaggerated. The point is according to the theory, the heart of someone is able to change through time and we’re not able to guess it.

Always count the variables change. In this case the variable heart and time is not our authority to control. We need an exact right time and an exact right heart in the corresponding exact moment, and He is the only one who knows it.

Therefore the main thing in soulmate hunting, is we always ask for the Owner of the Heart to give us the best soulmate in the future.

—-

Heart is complex. Never ever try to play with it. It’s also totally fragile. We have to be careful with our heart and other people’s. Hidayah is also the only authority of Allah, we impossibly interfere with that. But we have a chance to be a bridge to give it to the other people.

Be patient and always think from the other people’s shoes. Never presume that they are in the same condition with us. Because by respecting one to another is the only way we could live in harmony.[]

Creating Habits within Family

I just wanna get used to write in English again. Well, it’s actually just a random post about habit within family. Let’s just say it’s a code… for myself (and you, maybe) to remind what should I do (or we do, maybe again) in the future. Just kidding. But serious. Ow whatever.

Okay, where should I begin? Ah yes. It all started a few days ago, when someone anonymously asked me about what is my habit in the morning, through my ask.fm. Then spontaneously the first thing in my mind is drinking 2 glasses of water. Yes, I always drink 2 glasses of water in the morning after waking up. Well “always” in here is, let’s just say almost everyday. You know talking about habit it’s hardly to say “often” since it doesn’t really reflect our habits. But literally, it’s also not right to say “always” since sometimes there’s such time we found hardly to do our routines due to anomaly business, isn’t it(?)…. tick tok tick tok. To make it simple let’s just say yes!

Back to topic. Drinking water in the morning it’s really good for our body. Someone said it’s a natural detoxification or whatever biological words I’m not really good at. But most of people don’t do it (personal assumption, sample only some friends near me lol, totally just assumption without data). I honestly felt it too though. You know, if you hadn’t have this habit, try after waking up in the morning, drink 2 glasses of pure water. I bet you’re gonna feel to almost vomit.

Right? If you don’t feel that. I am gonna give you….. hmmm… a title “Mr/Mrs. with-no-vomit-feeling-after-drinking-two-glasses-water-in-the-morning”

*Yeay, congratulation*

Forget it. Back to topic again. Yap. To be honest I don’t create that habit by myself. My mom did it.

The story is a long long time go…. there was a volcano. Living all alone in the middle of the sea. -Lava by Pixar

Just FYI it’s my most favorite Pixar OST. You can listen it above. So romantic <3

*Out of topic. Intermezzo. Focus failed*

Yes! My mom forced me to create that habit! Could you imagine. Every time I woke up, with still half of mind on. My mom directly stood in front of me, faced me with eyes -looked like a mangekyou- staring to my eyes sharply, with knife in her right hand and a glass of water in her left hand then saying with highly sopran tones.

“Drink this or you’re not gonna get your breakfast…!!!”

……

……

The best alarm ever. Indeed I drank it. Then she said again

“one more, take it by yourself”

with knife still in her hand. Absolutely crazy if I don’t do that. Umm, I think it’s a bit exaggerating, but not really. Well of course it’s not. It’s just a hyperbolatical(?) explanation to emphasize something.

And could you imagine, it’s repeated consecutively every morning. Day to months, years, and centuries *no kidding*. Make me really want to do it to my children later as a revenge! *Another kidding*. Don’t take it seriously. But yes indeed I want to revenge it to my children. To force them… um no no no. Not forcing. but to smoothly ask them to do it too. If they don’t want maybe forcing is a need. Maybe.

habit-three-r

By such thousand repetitions -like what Charles Duhigg wrote in his book “The Power of Habit”, the cue is my mother, the routine is drinking 2 glasses, and the reward is the vomit feeling(?) lol kidding, I mean the breakfast, now magically it becomes a habit!!

It’s a normal thing for me to drink 2 glasses of water every morning. And I just realized the effect another few days ago. When I randomly came to G*ld gym at Setiabudi One to ask some registration and fee things. And their staff offered me to try a fitness test. And you know, though my age now is 22, but the result said my inner organ is age 18. Which is 4 years younger than my outer organ(?). Is that awesome? At least the staff said it was good. Although there are 2 big assumptions in here. First let’s just assume that result is related to my “drinking” habit. Second, let’s just assume too that result is from proven scientific analysis, not only one of their marketing strategies so I will register to that G*ld Gym. Ha ha.

Come to serious thing.

Creating a habit is not that easy in an old age. But it will be easier to create it while still in the child phase, which is in family. I really hope, I (or we*) could build it within a family first and foremost. *we in here refers to I and the readers, okay! I mean I try to ask the readers to follow my suggestion. Just want to avoid misconception.

You know like simple thing. Praying before eating.

I always watched many movies, that a non-muslim people said something before eating, Itadakimasu, Bon apetit, or blessed our food. Or even they bow their head down and unite both of their palms just to pray before eating. Why don’t we as a muslim have such that habit. I mean we have that du’a, I am sure everybody knows that du’a, or simplest thing just say Basmallah before starting (but not “Bismillah in the start and the end”). Yeah and I am sure such thing could be created in the family.

Or waking up before shubuh. Greeting before coming and going out. Pushing inside the chair back under the dinning table after eating. Reading before sleep. Reciting Quran after Magrib. Or many other simple good things which are repeated routinely and become habits within family.

What an ideal.

Well theory should be an ideal right. Practical must lead to such ideal theory, isn’t it? Okay, it’s almost the end. And as a closing statement, I just remembered I ever quoted a cool proverb in my facebook, and I hope you guys also always remember it. That:

There is no school equal to a decent home and no teacher equal to a virtuous parent

Let’s create habits in our family![]

Ibu

Random pagi ini baca-baca kisah ibunda para ulama yang bisa dibuka di link ini

https://kisahmuslim.com/5227-ibunda-para-ulama.html

Atau misal mau visual yang lebih menarik bisa dilihat disini

https://www.facebook.com/media/Ibunda-ulama

Merinding bacanya serius :’) Ulama-ulama besar memang tidak dibesarkan oleh sembarang perempuan. Merekalah yang mendidik bahkan menemani calon-calon ulama besar tersebut, tidak hanya saat masih kecil, tapi juga semenjak masih di dalam kandungan. Mungkin 9 bulan itu bayi-bayi di dalam perut selalu dekat dengan lantunan ayat suci Al-Quran dari para Ibunya. Juga dengan dengan aktivitas-aktivitas ibadah dan bermanfaat yang dilakukan ibunya. Ah begitulah kebesaran Allah dalam menunjukan role model yang tidak akan bisa pernah sirna oleh masa.

Bermula dari membaca tulisan dari link di atas. Ingin sedikit mem-flashback diri. Tentang keluarga kecil yang selalu aku syukuri. Qada Allah yang telah tertulis bahwa aku terlahir di keluarga ini. Alhamdulillah. To be honest, aku bersyukur, aku dan adik-adikku diberikan kemampuan otak yang cukup tinggi. Bisa dibilang (kalo sesuai tes IQ) kami bertiga di atas rata-rata. Tenang, banyak kok yg IQ di atas rata-rata. Jadi bukan berarti kami spesial haha. Tapi cukup diberikan karunia lebih di ranah intelegensia.

Simpelnya memang kami bertiga sejak SD Alhamdulillah, yah setidaknya sering masuk 3 besar kelas. Meskipun di pelosok Palembang sana, biasa aja, emang. Tapi Alhamdulillah (untuk sekian kalinya), tetap konsisten hingga sekarang yaitu kami bertiga bisa masuk di 3 Universitas besar negeri, ITB, UGM dan Unpad. Dan aku yakin ini tidak lepas dari didikan orang tua, khususnya Ibu.

Family-father-and-mother-I-love-you.jpg

Sedikit mengutip, dari link di atas, kisah Ibunda Muhammad Al-Fatih, salah satu role model favorit, dan cerita tentang ibunya ternyata juga luar biasa

Setelah shalat subuh, Ibu Sultan Muhammad al-Fatih mengajarinya tentang geografi, garis batas wilayah Konstantinopel. Ia berkata, “Engkau –wahai Muhammad- akan membebaskan wilayah ini. Namamu adalah Muhammad sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ. Muhammad kecil pun bertanya, “Bagaimana aku bisa membebaskan wilayah sebesar itu wahai ibu?” “Dengan Alquran, kekuatan, persenjataan, dan mencintai manusia”, jawab sang ibu penuh hikmat.

Itulah ibu Muhammad al-Fatih, mendidik anaknya di waktu berkah pagi hari. Dia tidak membiarkan anaknya terbiasa dengan tidur di waktu pagi. Ia lakukan sesuatu yang menarik perhatian sang anak. Memotivasinya dengan sesuatu yang besar dengan dasar agama dan kasih sayang, bukan spirit penjajahan.

Merinding ga sih? Pengen nangis ga sih? Serius I’m shedding tears while reading this. Terharu pisan, memang didikan ibu sangat besar pengaruhnya terhadapa akan jadi apa anaknya di masa depan.

Mebaca kisah tersebut teringat kembali flash-back masa lalu. Dimana Ibu selalu membimbing kami bertiga. Sejak SD teringat dulu ketika belajar, terutama dekat-dekat mau ulangan atau exam, Ibu yang selalu membantu kami belajar. Teringat dulu ibu yang selalu membacakan soal dan aku menjawabnya. Biasanya ketika belum banyak bisa menjawab, ibu selalu memberikan kesempatan aku untuk membaca kembali buku pelajarannya. Kemudian setelah selesai, ibu kembali membacakan soal (dulu) pilihan ganda, dan aku menjawabnya hingga cukup lancar.

Bahkan saking seringnya Ibu membacakan soal, pagi sebelum berangkat sekolah ibu kembali mengulang menanyakan tanpa melihat buku. Misal

“Fif, apa nama bacteri nata de coco?”
“Umm.. Acetobacter xylinum”
“Kalo mentega?”
“Streptococcus lactis!!”

Kebetulan dulu emang aku paling parah dalam hal IPA terutama terkait biologi atau hafal-hafalan lol. Itupun data-data di atas di dapat barusan dari google bukan karena masih inget haha. Yah begitulah. Berbagai pelajaran terkait teori dan hafalan, selalu ibu yang menemani kami bertiga sebelum ujian. Nah kalo matematika dan logika emang bapak yang jago dan selalu belajar sama beliau. Ga jago-jago amat sih sebenernya wkwk. Tapi dibanding Ibu lebih jago bapak untuk urusan hitung-hitungan. Kecuali hitungan belanja bulanan mungkin lol.

Itu berlanjut hingga SMP. Ketika SMA aku di asrama dan mulai hidup sendiri. Tapi karena selalu dingatkan untuk belajar, jadi pengulangan tersebut tertanam dalam pikiran bawah sadar. Dan aku juga percaya IQ itu berasal dari otak yang selalu digunakan dan di asah. Mulai dari TK hingga SMP ibu selalu menemani belajar dan membuat otak kami bertiga selalu digunakan yang (mungkin) mempengaruhi angka IQ. Makanya adik aku yang bungsu bisa dapat IP sempurna di awal semesternya. Yah kalo aku sih (untuk ukuran ITB) mayan lah *pembenaran* *puk-puk diri sendiri* haha.

Ada satu lagi sebenarnya yang urgen yang diturunkan Ibu ke kami. Yaitu tentang habit dan ilmu agama. Semoga bisa nulis di post selanjutnya aamiin.[]

Menangis

Saya biasanya jarang mengungkapkan perasaan di wordpress, karena biasanya Ibu, Bapak & adik-adik sering baca di blog ini. Dan malu saja, tipe saya memang cukup gengsi dan enggan terlihat lemah di dalam keluarga. Padahal aslinya rapuh parah.

Tapi khusus pagi ini, saya ingin menuliskannya. Ditengah ketidakpastian, beberapa kegagalan, dan ketidaktercapainya tujuan-tujuan jangka pendek. Ibu dan Bapak menelpon saya.

Telponnya luar biasa. Benar-benar menenangkan jiwa dan melenyapkan semua permasalahan.

Jujur saya nangis parah pagi ini. Saya mencoba menahan isak dan suara ketika di telpon, juga mengunci kamar supaya teman tidak ada yang masuk dan melihat saya menangis. Tangis ini bukan tangis sedih, tapi benar-benar tangis bahagia. Mungkin ini pertama kalinya saya benar-benar menangis berat ketika di telpon.

Ibu dan Bapak, benar-benar menasehati saya dari sudut pandang Islam. Tidak sampai pada ayat Quran atau Hadits, tapi hanya pesan sederhana agar mengembalikan semuanya pada Allah. Itu saja tidak lebih. Tapi dibahas dari berbagai masalah dan tantangan saya ke depan.

Mulai dari bersabar memilih pekerjaan, rencana S2, jodoh, pernikahan, rezeki, menuntut ilmu dan betapa mereka bersyukur anak-anaknya masih dekat dengan Islam. Ibu menceritakan adik-adik saya yang masih insyaAllah haus akan ilmu agama. Meskipun mereka mandiri berpencar satu di Jatinangor dan Jogja tapi dalam telpon, Ibu selalu bilang mereka tetap menjujung tinggi islam. Saya kembali menangis. Alhamdulillah

Ibu juga bercerita bahwa Ibu & Bapak, mulai dan masih terus konsisten ikut kajian dan belajar tahsin.Ditengah umurnya yg semakin menua, tapi ingin terus mencoba menghafal, meski cuma beberapa ayat dari Al-Quran tapi mereka akan terus mencoba. Saya kembali nangis.

Ibu juga bercerita tentang bagaimana Ibu dan bapak mulai mencoba memutus beberapa asuransi yang sekiranya tidak perlu. Dan mencoba melunasi hutang-hutang credit karena takut akan riba. Saya menangis kembali. Alhamdulillah.

Ibu juga berpesan akan selalu terus mengingatkan kami, anak-anaknya, menasehati kami, memberi masukan dan menelpon kami. Hampir setiap di sepertiga malam saya lihat whatsapp dari Ibu yang mengingatkan tahajud di grup WA kami dan grup keluarga besar sekaligus mengingatkan Paman dan Bibi kami. Tangis disertai rasa syukur terus saya panjatkan akan nikmat ini. Alhamduillah

Dan terakhir, jika ada rezeki, Ibu juga berdoa semoga kami sekeluarga bisa pergi Umroh bersama. Bahkan mengajak nenek jika memungkinkan. Aamiin ya Allah. Allahumma Aamiin. Saya lagi-lagi menangis lebih dalam. Mungkin jika saya tidak menjauh dari HP, isak tangis itu bisa terdengar oleh mereka secara jelas.

e8f6029ae45f14ecd89c52f1b7e7424b

Terima kasih Ibu, Bapak.

Ya Allah. Aku mohon ya Allah. Izinkan saya menjadi amal jariah mereka ya Allah, pun setelah mereka Engkau panggil agar mereka bisa selamanya kekal di SurgaMu nanti. Aamiin ya Rabbal Alamin.[]

New Home(s)

It’s been too long I never put my thoughts in this blog anymore. Kemarin rada cukup sibuk untuk mempersiapkan gerbang keluar yang indah dari kampus gajah tercinta. Yap, akhirya saya wisudaaaa. Yeay. Alhamdulillah. Lima tahun di kampus ini benar-benar menjadi kenangan terindah yang tidak akan pernah saya lupakan. Semoga semua itu mendapat Ridha dari Nya. Aamiin.

Di post ini saya cuma ingin memberi tahu kepada teman-teman pembaca bahwa saya baru saja mendapatkah 2 rumah baru. Rumah disini literally “house” namun juga dapat dikatakan sebagai “home”. What does that actually mean?

First home, I move to “Water Tower!!”

Lol apaan tuh? haha. Calm. Jadi sepulang dari Jerman, kontrakan lama saya bernama “Altampani” (I’ve ever written about it here) -yang benar2 sudah saya anggap keluarga atau ‘home’ selama saya TA- habis masa berlaku. The choices are two, should I extend my stay there or not. And I decided to move. Karena kalo mau perpanjang di sana harus bayar setahun, in the other hand I still don’t know where should I stay in the next one year. I hope still in Bandung though. I love this city so much. But who knows.

Jadinya saya gabung ke kontrakan teman bernama “Kontrakan Menara Air” atau gaulnya “Water Tower” lol. Disini sejarahnya dulu kontrakan soleh anak2 gamais gitu (agak sedikit dicitrakan). Kemudian beberapa penghuni aslinya sudah pada lulus, beberapa masih bertahan. Sekarang banyak diisi adik2 kelas yg unyu2. Anak2 2010 seangkatan gw juga masih ada. InsyaAllah masih soleh2 juga. Aamiin. hehe. And I found new home here!! Gw lebih prefer kontrakan dari kosan, karena berasa banget kekeluargaannya. Kemarin kita baru ngundang barudak lain buat nobar SFC – Persib di water tower ini, meskipun rada kecewa SFC kalah, di sisi lain gw jg seneng Persib menang (????). Emang ga jelas, hati gw sudah terbagi dua di Palembang dan Bandung. Lol.

Ps: Nama menara air, karena memang kontrakan kita terletak di Jl. Menara Air. Jeng jeng. Ga penting ya. Emang

Second home, my family will move to Jogjakarta!!

Yuhuu. Wait, what? Yap. My mom and dad will literally move to a new house. Jadi memang Ibu saya pengeen banget grow old di Jawa, antara di Bandung atau Jogja. Karena adik saya sekarang kuliah di 2 kota itu. Dan biar lebih tengah juga antara Nganjuk (kelahiran ayah saya, tempat Mbah) dan Palembang (kelahiran ibu saya, tempat Nenek). Random pisan sih ini emang. Gw kira rada2 wacana gitu. Terus tiba2 pas gw masih di Jerman kemarin, via grup WA keluarga ada pesan masuk

“Ibu Bapak, barusan beli rumah di Jogja”

What? Yah intinya sudah dibayar, jadi insyaAllah sudah fix pindah tahun depan. Dan lebih random lagi di grup WA itu gw bales dengan 2 huruf.

“ok”

Lol. Sebenernya kemarin gw rada ok ok aja sih. Toh emang adik2 gw sudah pada kuliah, satu di Unpad satu di UGM. Jadi gw sepakat2 aja. Kemarin sempet memang dijadikan topik utama di grup WA keluarga, dan ga nyangka akan secepat ini haha.

So halo Jogja dan teman2 yg disana. Kalian akan menjadi hometown baru saya dan tempat kembali ketika saya sudah merantau entah kemana nanti. Meskipun saya masih belum bisa bahasa jawa sih -_-

Yah semoga rumah baru ini bisa membawa keberkahan untuk keluarga kami. Aamiin. Karena memang

“Home is not about a place. Home is about whom with you” :)

Happy Day with My Cousins

I and My Cousins

1st January ’10, the first day of this year, I spent my time to go to my grandma’s house. It was all because my uncle had a new child, and must be “marhaban” or cut a bit of the baby’s hair like usual done by other new child in Islam. Marhaban did in Saturday night, so I and herewith my big family were getting stuck to prepare many preparation for marhaban in friday. But in this post, I would just write my experiences when I spent my times with my cousins and not discussed about marhaban’s day. So in here I’ll show you when I and my very cute, kind, witty and great cousin spending time with chatting, watching together, and taking photos for reminiscence.

Beneath it all, I didn’t to remember the complete name of my cousins, since I was lazy to use left brain to memorize their name, but I prefer used right brain to memorize their face (ha ha criteria of lazy person). Since I have so many cousins in my big family, so in here I just tell some of them that I think they are interesting for me. So here we are, check it out:

1. Lili

This is my cutest cousins among us I thought. She is the youngest child of my aunt from 4 siblings. We usually call her “Yiyi”, I don’t know, maybe because her tongue couldn’t talked yet, so she always call herself with nickname Yiyi. It’s little awkward. But, you know, it’s really willy freaky hard to take her photo, moreover with me. She always move, or cry if I try to take photo of her. Crying is a mainstay weapon of her if someone wanna try to disturb her. But because of my talent as a professional photographer (ha ha :P), I could take her photo, and even I could ask her styled, when I take my camera front of her. You want to know more, how does her face look like? or How cute she is? or how handsome I am? (:P) Well Let’s watch it out:

2. Ing-ga

His name is Lingga bla bla bla.. (as I told before I don’t know my cousin’s complete name). He is elder brother of Lili. And I think, he is really different with his sister, Because you know He is the naughtiest person among my cousins *I thought. He always disturb and arrogate whatever we’re doing and whatever we’re having. So no wonder, if many of my other cousins are crying because of his done. But sometimes I realize that he is not too as naughty as I thought, because he ever lend me his comic, share his game in computer and many again that make us like intimate. And because of that, I often take many photos with him. There we are:

3. Fadil

He has white skin and little chubby. Because of that, it makes him very farcical and amusing for me. He is still enough, and don’t like too much talking, but if we’re talking about Naruto or games relations with Naruto, he always prattle hard stopping. Yup, he is fond of Naruto and other anime like One Piece, doraemon and etc let in comic, film, animation and games. I also took some photos with him, here they are (the red cloth one):

4. Noval

He is still small, couldn’t walk and talk yet, but He is very cute moreover when he is smiling or laughing. Hm, I very want to pinch his cheek when he is smiling with all of my fingers. But the problem from him is he often crying, whenever there is no his parents beside him. So it’s really hard going alongside him without my uncle (his parent) beside us. But I don’t know why, one of solution to make him motionless, with way bring him to go on by car. So although there is no his parent beside him, if we just take him inside car he will quiet without any movement show us he want to cry. Because of that, when we go by car with Noval, it’s the only chance for me to take his photo. And finally I won out take his photos. :D

5. Della

Her nickname is Della, but I don’t know her complete name. She is still elementary high school and happy girl I think. She always smiling with shows her black and broken teeth inside of her mouth (ha ha). Because of that, she is always shamed whenever I take a camera front of her, and she is in smiling, along of it will show her black and holing teeth. But she is sweet and beautiful little girl, So I proud to take photo together with her (lol). There I and She:

6. Iman

The last cousin I’ll write about is Iman. He is still elementary school too. He is handsome enough I think. I like the style when he is talking, it’s cool :P. In my grandma’s house he always use microphone to talk and sing with my other cousin breezy. So it whoop it up. But I also accomplish get photos with him:

I think six above of my cousins enough represent among them. But in here I will give Bonus Pictures in this post. *ha ha it’s really not important. Yup but I think I have to show this. Even though the tittle of this post is happy day with my cousin. But I also want show you my private photos with no cousins at all (ha ha). Here we are. Enjoy it :D :D