His Plans


Sudah lama banget ga nulis, these past months banyak banget cabang-cabang pilihan hidup & pembelajaran, yang sebenernya kalo gojek ada go-ghostwriter pengen banget order buat bisa ditulisin jadi tulisan. Lol. Kedepannya semoga bisa nulis lebih details terkait what happened in these past month.

Skip. Intinya sekarang random cuma pengen cerita, triggernya exactly yesterday, Jumat 1 Desember 2017, I just lost my wallet. Singkatnya waktu itu abis belanja di Ind*maret, pake sepeda, 3 plastik full, terus dompet saya taruh di dalam plastik, di atas barang-barang belanjaan. Jam 3 shopping, baru sadar hilang dompet jam 5an, dicek ternyata gaada di plastik. Langsung dicari-cari, dan ditelusuri jalur sepeda, beneran gaada. Kesimpulannya kemungkinan jatuh dan diambil orang.

Lumayan, baru banget narik cash 300k, ini biasa, bahkan kalo ada orang baik yang balikin dompet, udah janji mau saya kasih semua itu duit. Ada E-Money & Sbucks card juga yang masih mayan banyak isi nya. Well itu juga santai. Yang paling riweuh itu di dalam nya juga ada KTP, SIM A/C, ATM dan NPWP, dan padahal e-KTP baru banget jadi karena telat ngurus & termasuk korban korupsi :(

Gegara hilang berbagai kartu penting tadi, dan baca-baca di Internet, ngurusnya ribet banget. Apalagi KTP nya Jogja. Pagi-pagi banget langsung ke Polsek Mampang ngurus surat hilang. Harus ke camat jogja, ke bank buat cetak baru ATM, NPWP di kantor pajak, dan ngurus SIM di satlantas bahkan worst case harus buat baru lagi.

Tapi disini indahnya Islam, banyak hikmah yang bisa diambil. Yang paling utama mungkin kurang sedekah, dan beberapa waktu itu ini cukup too much focus untuk dunia. Such a reminder.

Terus musibah begini, banyak positivenya juga. Pertama LEARNING. Ini pertama kali saya kehilangan dompet yang berisi banyak kartu berharga. Jadi ada pengalaman ngurus-ngurus, in case kedepannya mungkin bakal terjadi lagi (semoga engga) atau kedepannya membantu orang yang mungkin mengalamin nasib yang sama. Bakal bisa lebih prepared lagi juga untuk sebaiknya scan semua dokumen/kartu dan taruh di cloud.

Kedua TIMING, masih bersyukur banget hilang nya pas saya lagi santai, maksudnya ga butuh-butuh banget kartu-kartu itu. Kebayangkan misal hilang beberapa jam sebelum flight, dan flight itu super important meeting which affect your career or business. Atau sesaat sebelum test GRE or CFA maybe (pas nulis ada senior yg ambil CFA & menarik haha), yang butuh KTP untuk validasi. Kan bisa jadi failed. Jadi justru kata-kata Alhamdulillah yang selalu diucap.

Beberapa bulan yang lalu sebenernya saya juga sempat kehilangan HP. Lengkap banget kayaknya sekarang, pas zaman kuliah pernah hilang laptop, terus HP, sekarang dompet haha. Learning nya udah cumlaude masalah hilang-hilangan. Tapi justru beberapa hari setelah hilang HP itu langsung dikontak eks-bos kantor lama, dia baik banget ngundang ke rumahnya di Pondok Indah buat kasih iPhone lama dia, FREE guys a.k.a secara cuma-cuma. Boss besar sih, jadi emang sangat berkecukupan hehe. Awalnya mau pinjem dulu sampe beli HP baru (basa basi), eh malah dikasih, Alhamdulillah banget kan.

iPhone ini lumayan banget buat needs, karena di kantor sekarang sempet business meeting dengan beberapa petinggi perusahaan lain bahkan sekelas C-Level, dan dengan iPhone bisa improve confidence level ketika meeting. Brand image of Apple. Meskipun sekarang less innovative banget product-product Apple, even sampe launch iPhone X kemarin. New product terakhir paling apple watch, SIRI nya juga biasa, kalah jauh untuk masuk new market sejenis AI, cloud dll. Tim Cook as CEO, bener-bener conservative. Dan baru sadar makanya google buat Alphabet biar jadi lebih fleksible dan broad business modelnya, terutama untuk masuk di new market salah satunya cloud buat geser AWS. Baru baca artikel menarik terkait ini, check it out: https://qz.com/819739/why-tim-cook-is-steve-ballmer-and-why-he-still-has-his-job-at-apple/

Jadi kemana-mana. Untuk penutup, pengen cerita dikit juga terkait hikmah yang juga didapat baru-baru ini. Terkait marriage. Saya sebetulnya ingin segera, pake banget haha, tapi ga terburu-buru juga, maksudnya ga mau asal bruteforce, well life partner is one of the most important lifetime choice, isn’t it? Beda dengan kerja yang bisa seenaknya resign-pindah (ala millenial jaman now). Sempet beberapa proses, tapi masih belum cocok & emang bukan jodoh aja. Jadi bakal cukup tertunda. Tetep pengen segera juga sih, tapi ada kemungkinan adik saya dulu jadinya haha, ga tau juga sih.

But all of these are His Plans. Baru dapet salah satu hikmah terbesarnya, dalam waktu dekat in syaa Allah saya dengan teman pengen coba full time build our own startup. Which is saya harus resign kan, dan salary bisa terjun bebas, bahkan kemungkinan ga di gaji sama sekali karena bootsraping. Well karena masih single jadi tanpa pikir panjang, saya bilang ke temen in syaa Allah siap. Beda cerita kalo misal sekarang saya sudah ada tanggungan (e.g wife or child), pasti bakal banyak pertimbangan. Allahualam. Rada pembenaran, tapi saya nangkepnya justru ini hikmah dan Jalan yang sudah Allah tulis.

And another thing. Marriage is beyond our narrow limitation of thinking. Cuma hanya sekedar suka, physically attracted, dating, conversation click and other types whats so called falling in love; tidak menjamin akan menjadi kebaikan di masa depan. It’s totally beyond that. Long journey, full of uncertainties, changes of personalities, adapting, debating, and other unknown things we can’t just easily predict in this falling-in-love-temporary-state. And for the latter, who should we trust this? His plan. Allah is the only knows what’s best and what’s not. Bukan shortterm beberapa waktu ke depan tapi beyond in the future even after. Luar biasa kan Islam.

bestpath.jpg

Bener-bener Islam ini bisa dibilang unfair religion. Karena true happiness itu ga adil cuma bisa dirasakan umat muslim, karena di Islam we trust everything has been written by Allah, and His Plan is indeed the best plan for us. So no matter how hard the difficulties, trials, failures we got in life, it’s all His plan. Trust Him it will bring the good for us in this world and the most important in syaa Allah in hereafter.[]

One thought on “His Plans

  1. Mungkin kejadian hilang ini sebagai pengangkatan derajat & pembersihan dosa riba bro, kalo gasalah ente pernah gawe di p2p lending berskema interest rate (retail credit) yang saat2 ini cukup menjamur memang.

    Tafsir Al Baqarah Ayat 275

    Sebelum bikin startup ada baiknya mempelajari masalah finance juga/ambil short course CFA (the most structured curriculum to study finance, at least materi level 1 dan level 2) atau belajar sendiri supaya skema mana yang sesuai dengan syariat. Jangan sampai setiap hari berdoa meminta sesuaitu kepada Allah tapi dalam prakteknya tidak sesuai Al Quran & Hadist.

    Kalo pengen bikin startup supaya “kaya” kalau bisa niatnya diluruskan untuk sedekah juga bro saat monetisasi/exit. Rezeki dengan berbagai macamnya datang dari sedekah & beristigfar tentunya setiap detiknya.

    Btw, kalo bisa musiknya dihilangkan bro. Cek dulu masalah musik.

    Untuk hal-hal lainnya bisa cari2 ceramah ustad firanda andirja, khalid basalamah, mufti menk. Mereka cukup credential & luas masalah ilmu agama ini, lulusan madinah :).

Leave a comment