Japan 2012

Tepatnya bulan Agustus 2012 lalu, Alhamdulillah saya diberi Allah kesempatan untuk mengunjungi Jepang kurang lebih selama 2 minggu. Waktu itu saya mengikuti kegiatan Summer Program yang diadakan oleh Iuventum bekerja sama dengan PBB, dengan lokasi utama di National Olympic Memorial Youth Center, Yoyogi. Temanya adalah Education for Sustainable Development, termasuk juga teknologi & entrepreneurship.

Ada banyak kegiatan dalam 2 minggu Summer Program ini. Kuliah umum dari berbagai latar belakang: professor, dosen, pemerintah, LSM, co-founder, entrepreneur, Venture Capital Expert dll; Company visit, cultural exchange, city tour, kunjungan universitas, Group Discussion dgn mahasiswa Jepang, dan juga Idea-creation termasuk presentasi ke semua peserta.

Tapi karena saya waktu itu datangnya lebih awal, jadinya sempat mengunjungi tempat kakak kelas dulu yang sedang kuliah S2 di Tokodai. Jadinya sempet jalan2 deh sebelum acara hehe. Ditambah lagi kita beruntungnya sebelum pulang ke Indonesia, pas mampir di KBRI, pak Dubes nya ramah pisaan. Beliau tiba2 ngasih kita uang supaya jalan ke DisneyLand, alhasil kita ke DisneyLand Tokyo dibayarin, haha.

Overall, pengalaman 2 minggu itu sungguh sangat tidak terlupakan, karena memang ini cap Visa pertama di passport saya. Plus Tokyo emang super gaul kotanya, bahkan toiletnya aja keren haha. Tapi sayang susah minta ampun nyari tempat sholat, di Bandara aja gaada. Yah, intinya detail perjalanannya akan saya coba jelasin di setiap Part, semoga sempat untuk menyelesaikan menulisnya

#Day1

#Day2

#

[Will be updated soon]

Leave a comment