Sharing di FC10 dan Titik balik


Biar terabadikan di blog. Kemarin random diminta sharing oleh adik tingkat di FIM. Selagi ada sesuatu yg bisa saya bagi, in syaa Allah siap untuk dibagi. Semoga bisa bermanfaat dan diambil baik-baiknya, maklum masih manusia. Berikut copas notula nya :)

—-

Narasumber: Muhammad Afif Izzatullah, alumni FIM12
Moderator: Rudi S Nazar, alumni FIM18

Moderator: Galau Paska Kampus memang menjadi bahasan menarik untuk d diskusikan, terutama untuk para mahasiswa tingkat akhir. Seringkali kita d hadapkan banyak pilihan, dan hal tersebut beriringan dengan banyak pula pertimbangan, kecemasan bahkan ketakutan yang kita hadapi.
Dan untuk menjawab kebingungan kita semua, malam ini akan ada seorang pemateri yang akan berbagi pengalaman seputar menentukan pilihan paska Lulus kuliah.

Moderator: Beliau lulusan Teknik Elektro ITB angkatan 2010 dan merupakan Alumni Forum Indonesia Muda (FIM) angkatan 12. Sekarang beliau bekerja sebagai Business Analyst NTT Data Corporation dan Research Analyst Intern ATLAS Groups DESY Hamburg, Germany. Prestasi lainnya beliau merupakan Indonesia Delegate ESD Summer Program, Tokyo.

Moderator: Oke langsung saja yah kak afif 😊
Jadi gini, sering kali kita (termasuk momod) kebingungan/galau dalam menentukan pilihan paska lulus kuliah kelak. Ada banyak pertimbangan pun kecemasan dlam menentukan pilihan. Nah, boleh dong kaka berbagi pengalaman seputar dunia paska kampus yang kaka alami waktu itu? Terlebih dalam menentukan pilihan ! Hal apa saja yang harus d pertimbangkan supaya gak menyesal d kemudian hari?
Mangga d jawab kak 😊

————-SESI PEMAPARAN DARI KAK AFIF———–
Oke. Btw bismillah. Assalamualaikum. Salam kenal semuanya (bbrp ada yg gw tau ya haha). btw gw lagi di tempat cukup crowded jg. Jdi sory klo aga pending ya. Jadi gw mulai aja, ada 5 poin utama pemaparan gw. Smoga bisa ngikutin lebih mudah ya, jadi gw coba sampein step by step 5 POIN utama tdi :)

POIN 1: ALWAYS START WITH THE END IN MIND

Apapun & berapapun usia kita skrg, mau baru lulus, lagi kuliah, udah lama kerja, udah punya cucu. Selalu plan end objectif kita. Jadi untuk kasus pasca kampus WAJIB PUNYA MIMPI. Setinggi-tinggnya aja dan kalo yg masih bingung mungkin bisa sedikit open, tapi tetep detail, terukur dan realistik.

Misal: Gw pengen punya perusahaan teknologi di Indonesia yang bisa manufaktur hardware. Gw pengen jadi dokter yang mendirikan banyak rumah sakit mengalahkan Siloam.Gw pengen jadi menko perekonomian di 100 tahun indonesia 2045. DLL

POIN 2: WRITE YOUR GOALS

Ini gw dpt dari artikel.

So, Why Do 3% of Harvard MBAs Make Ten Times as Much as the Other 97% Combined ?

The answer is a simple question: “Have you set clear, written goals for your future and made plans to accomplish them?”

In 1979, interviewers asked new graduates from the Harvard’s MBA Program and found that :
• 84% had no specific goals at all
• 13% had goals but they were not committed to paper
• 3% had clear, written goals and plans to accomplish them

In 1989, the interviewers again interviewed the graduates of that class.

You can guess the results:
• The 13% of the class who had goals were earning, on average, twice as much as the 84 percent who had no goals at all.
• Even more staggering – the three percent who had clear, written goals were earning, on average, ten times as much as the other 97 percent put together.

Terus ada yang bilang: Gw punya banyak banget mimpi dan gw ga punya banyak waktu untuk menulisnya

If you don’t have time to write down your goals, where are you going to find the time to accomplish them?

POIN 3: DREAM CANVAS

Btw gw sebenernya kurang sepakat sebenernya dengan artikel menulis your goals di atas. Karena yang lebih baik KITA TULIS MIMPI KITA DAN BUAT VISUALISASI UNTUK LEBIH MUDAH MEMBAYANGKANNYA

Visualiasi ini bisa gambar, comot dari google, mindmap, flowchart, dll. Contoh dream canvas yang pernah gw buat https://drive.google.com/…/0Byk_jPSXa_rnU2hPeXZnT29rcUU/view . Berikut Screenshot-nya.

Gw buat itu sebenernya terinspirasi dari video TEDx nya Patti Dobrowolski tentang “Draw your future” disini
https://youtu.be/zESeeaFDVSw

Simplenya adalah menggambar “Current State” kita dan menghubungkan dengan gambar lagi menuju “Desired New Reality” yang kita inginkan. Detailnya tonton aja deh. Inspiring pokoknya!

Dengan membuat ini intinya biar bisa “Trick” our brain aja. Gw ga tau sih ini bakal berguna atau ga. Dan jelas pasti lebih ga tau bakal bisa tercapai atau ga. Tapi I just felt it anyway ketika udah buat ini, jadi merasa bisa memprioritaskan sesuatu atas sesuatu yang lain asal berhubungan dengan mimpi-mimpi di atas. Kebayang ga? Haha

Simpelnya gini deh. Ketika punya uang, dan mau membeli sesuatu, gw bisa mikir dulu, ini mensupport mimpi di atas ga. Misal gw mencoba mutusin mau beli headset di GI, dan itu berarti spending money dong? Tapi setelah di hubungkan dengan dreamboard di atas, gw ngerasa itu headset perlu untuk mensupport latihan listening untuk IBT atau IELTS ntar. Jadi pas di kantor pas lagi ngerjain sesuatu bisa sambil dengerin music bahasa inggris, atau video semacem TEDx, Nouman Ali Khan, dll yang bisa nge-improve listening. Got it?

Atau contoh lain misalnya ketika gw mencoba mengatur waktu. Gw juga ngerasa bisa memilih kegiatan berdasarkan dreamboard di atas. Contohnya beberapa bulan belakang gw mencoba balik tiap weekend ke Bandung (Gw sekarang domisili di Jakarta). Karena ada pelatihan mini MBA supaya bisa masuk ke komunitasnya. Spending cost sama waktu lagi dong? Tapi itu gw ngerasa dengan melakukan itu, bisa mensupport middle term goal untuk bisa (misal) ngebangun perusahaan nantinya

POIN 4. Short term – Middle Term – Long Term – Final Term

Kalo yang udah sekilas lihat dream canvas gw, ada 4 step disana Short – Middle – Long – Final.

Kalo penjelasannya gini:

Final term: Mimpi besar, dan biasanya kalo kita kasih tau ke orang, mereka bilang, ngaco lo, mustahil dah. Dll.
Misal gw mau jadi investor di wahana hiburan, Jadi buat AfifLand, nyaingin Disneyland

Long term: Tujuan di golden age kita sampe masa pensiun. Misal jadi Dirut PLN, punya perusahaan dll

Middle Term: Bagaimana menjembatani menuju long term goal kita tadi. Misal jadi Manager di usia sekian, sudah mulai invest dan punya perkebunan sekian hektar. dll

Shorterm: Plan terdekat kita, what to do next year, 2-5 years, so on

POIN 5. MAIN OPTIONS AFTER GRADS

Biasanya setelah lulus ada 3 opsi utama para freshgrads: Lanjut S2, Kerja di perusahaan or start business. Sebenarnya ga tertutup itu 3 aja sih, banyak cabang-cabang lain. Tapi gw mungkin Cuma bisa kasih saran terkait opsi2 di atas karena itu yang paling sering dilakukan freshgrad

OPSI I: Lanjut S2

Kalo memang tujuan kalian akademisi (dosen, researcher, PHD), ambil S2 SESEGERA MUNGKIN! As soon as possible. Jadi kalo bisa fast track (S1+S2 5 tahun), ambil fasttrack. Persiapkan S2 sejak tingkat 3 akhir, persiapkan TOEFL IELTS di tingkat 4 awal sambal TA. Mulai browse-browse kampus yang pengen di tuju dll.

Tapi kalo kalian bukan mau jadi akademisi saya SARANKAN (ini saran ya, ga saklek), kerja dahulu baru S2. Karena gw ngerasakan banget sekarang, dengan kerja gw tahu “HOW THE REAL BUSINESS WORKS”, how get money, alur nya, technical work nya, ngoding, supply chain, finance dll.

Dengan kerja dulu, ketika kalian S2 nanti kalian bisa langsung kebayang aplikasi dari ilmu yang kalian pelajari. Misal S2 ambil computer science, kalo kalian ada pengalaman kerja dulu, pas kalian duduk di kelas ngoding, kalian langsung kebayang, oh gw bisa aplikasiin ilmu ini untuk efisiensi di produk kantor gw dulu. Gw bisa pake ini untuk improve traction. Atau kalian ambil S2 management. Kalo kalian pernah kerja, oh gw bisa nerapin ini buat manage team gw. DLL

OPSI II: Kerja di perusahaan

Terkait kerja sebaiknya kalian punya beberapa parameter terkait perusahaan yang ingin dimasukin. Poin paling utama sih: dengen gw masuk sini gw bisa belajar. Intinya itu. Sisanya bolelah, terkait lokasi, gaji, dll.

Terkait ini banyak-banyak doa jg sih. Gw dulu udah buat parameter, tapi karena satu & lain hal susah cari yg pas bahkan di reject. Karena dulu gw pngen bgt tuh kerja di minyak, tapi gada yg buka. Terus BUMN bener2 gw coret dari list (ada personal reason). Tpi karena itu jdi malah ga kerja2. Bahkan sempet pasrah, yang penting kerja dulu deh. Tapi ujung-ujungnya sekarang Alhamdulillah dapet kerja sesuai parameter yang gw buat.

Let God do the rest after we do our best. Intinya gitu

OPSI III: Start a business

Ini sekarang yang lagi booming nih, buat startup. Saran simple gw, jangan terbawa Ilusi startup. Gw pengen kaya bill gates, mark Zuckerberg, atau local, Nadiem gojek, Fery traveloka dll. Tapi baca-baca juga startup2 yang fail.

Terus kalian jg harus siap duit buat makan gimana, kalo udah berkeluarga buat makan keluarga gimana.

Terus teman2 jangan lupakan juga, nadiem makarim sebelum di gojek dia kerja di mckinsey, fery dari traveloka juga dulunya di microsoft, andre darwis (kaskus) dulunya developer web di amerika, william tokopedia dulunya engineer di bolehnet, zaky bukalapak dia pernah gagal dulu di startup deft, arief agate dia memang DO tp dia punya koneksi, skill , market dan dia juga alumni TOKI. DLL

Bisa juga kok sambil kerja sambal nyiapin startup. Jangan bilang gw sibuk nih kerja juga jam 8-jam 5. Lah di luar itu kan kosong. Kurangi waktu tidur. Buat konsep bisnis yang mau kita bikin malemnya. Spend weekend untuk network, survey market dll.

Ntar kalo kalian udah ngerasa siap. Bisnis ini jelas marketnya, apalagi udah ada calon investor. Baru resign dari kantor.

Tapi kalo kalian udah yakin, start a business as soon as graduation juga oke kok. Senior2 gw juga banyak yang berhasil menyimpan ijazahnya tanpa pernah di over ke perusahaan buat melamar. Tapi memang mereka mulai usaha sejak kuliah dan mental nya sudah kuat. Dan yang paling penting Risk and challenge taker.

PENUTUP: bukan berarti gw sudah berhasil ya. Gw juga masih baru lulus kok tahun kemarin dan masih baru juga terjun in real life after campus. Jadi at least semoga bisa memberikan perpektif terkait what should I do after graduate.

Btw untuk experience gw sendiri paska lulus, sempet gw tulis mayan lengkap di blog. Sebenernya itu belum selesai tapi yah mangga kalo mau baca2. Semoga bisa bermanfaat :)

https://afifizzatullah.wordpress.com/…/journey-to-find-riz…/
https://afifizzatullah.wordpress.com/…/journey-to-find-riz…/
https://afifizzatullah.wordpress.com/…/journey-to-find-riz…/
https://afifizzatullah.wordpress.com/…/journey-to-find-riz…/
https://afifizzatullah.wordpress.com/…/journey-to-find-riz…/

———–AKHIR SESI BERSAMA KAK AFIF———-

————–SESI TANYA JAWAB————–

1. Penanya Pertama
Tanya: “Mau nanya kak, ingin sekali diri ini bisa menulis sedetail seperti yg kaka sarankan, detail sampai rencana taunan bisa dituangkan diatas kertas, namun hidup terlalu dinamis kak semua rencana berubah total, jadi masih kah kita perlu menuliskan target tahunan untuk mencapai mimpi kita?”

Jawab: Kalo di bahasa startup ada isitilah pivot. Atau banting stir. Itu ga masalah. Gw buat detail kaya gitu jg ga menjamin hidup gw bakal kaya gitu. Bisa aja (misal) gw diterima di perusahaan tambang abis ini, harus mengabdi 5 tahun di tengah laut. Gw ga bisa S2 dong. Tapi gw ngerefrence dream canvas gw tadi. Middle term gw kan bisnis, dgn kerja di tambang at least stelah dr sana gw aman kbutuhan sehari2 dan lebih leluasa bisnis. Jdi mending ga usah S2? Who knows? Revisi lagi dream canvas nya. Ga masalah. Buat dream canvas paling cuma 1-2 jam. Itu mah 1/12 waktu weeekend kalian

Yg paling penting ada quote:
We could write plans with our pencil, but let God have the eraser. To change something better beyond our horizon

Intinya tetap perlu. Menulis. Ga tahunan jg gpp. At least kita tulis. Sama kaya quote itu banyak doa :)

2. Penanya Kedua
Tanya: “Gimana ngeset mimpi, dan create our own goals kalo kita bahkan belum tau passion kita? Dan keadaannya sekarang kuliah di prodi yang ga terlalu disenangi?“

Jawab: Klo masa2 kampus maklum ko galau. Passion itu personally I think DICARI & DISUGESTI. Jdi selain dicari. Lo harus jg self sugesti. Serius. Dri awal bilang ga disenengi ya bakal selalu ga disenengi. Try self sugesti. Trus. I love this thing. I believe with this thing could give benefit.

Tpi misal emg mau banting stir. Liat opsi & keadaan. Dan again. Sblum banting stir bnyak2 doa. Pray to God. Help me make decision. Trust me lo bakal bersyukur atas apapun decision lo. Meski itu hrus pivot

Tanggapan: “I’ve tried, memberi sugesti terus, cari sisi positif then semangat sih, tapi selalu ketemu titik jenuh lagi. Then repeat. Ada cara lain kah?”

Jawaban: Banyak baca and go out of your home. Try something new. See more open & diperluas. Mumpung bagus kita diumur skrg udah sadar & galau. Jdi kita bisa jdi sedikit org yg bener2 plan about our future

Tanggapan: “Tapi ka, kita keluar rumah tanpa tujuan kan lebih bingung kak”

Jawaban: Gapapa. Kita keluar dgn tujuan mencari tujuan :)

3. Penanya ketiga
Tanya: “Bagaimana cara kak afif bangkit dari kegagalan dan cara menentukan tujuan yang spesifik dari range yg masih luas. Kalaulah kita sudah tahu passion kita apa ?”

Jawab: Bangkit dari kegagalan selalu inget2 aja masa depan. We still have a chance to decide our own future. Gw sering bgt gagal jujur serius. Dan kecewa depresi itu normal. Tapi jgn berlarut2. Dan segera ambil pelajarannya. Plus go back to Our Creator. Minta doa terbaik dr Nya

Dr luas ke spesifik di riset. Di analisis. Dan dipikirin. Ga bisa instan klo itu. Wajib luangin waktu utk itu :)

———–AKHIR SESI TANYA JAWAB———

Moderator: Kalo boleh menyimpulkan, meminjam petuah kang alexander sutherland neill : “if the emotions are free the intellect will look after it self”. Bagaimana cara memulai? Bukalah pikiran, selanjutnya coba lakukan dengan tindakan, cari kawan. Kemudian coba lagi, coba terus. Selebihnya serahkan kepada Tuhan. Baik menurut kita belum tentu baik menurut Dia. Dia Maha Tahu. Kita yang kadang sok tahu.

CLOSING STATEMENT DARI KAK AFIF:
Intinya jgn kira gw udah settle ya. Gw jg ini masih deg2an kok. Ini ntar masa depan gw gimana ya haha. Tpi at least gw mncoba menstrukturkan itu. Dan terus memperjuangkan itu. Jdi ga mau let it flow ngikut kemana arus pergi

Dan terus trust me. You ll never live forever here. Jadi siap2kan jg for hereafter :)
————————————————————————————————————

Forum Indonesia Muda (forumindonesiamuda.org)
https://www.instagram.com/fimnews/
https://www.facebook.com/ForumIndonesiaMuda/
https://twitter.com/fimnews

Titik Balik
http://line.me/ti/p/%40titikbalik
http://facebook.com/titikbalik.id
https://www.instagram.com/titikbalik.id

4 thoughts on “Sharing di FC10 dan Titik balik

  1. Nice share fif..
    Emang bener kita harus berencana dan berusaha, hasil akhir udah ada yg ngatur, as long as we do the best..
    Cause we can’t connect the dots looking forward kata om steve..

  2. naiisss Fiiiff.. mantaap (y)
    tp ane mau tanya dong, kan maneh bilang kalau ga mau akademisi atau researcher mending kerja dlu sblm S2, naaah perlu kerja di bidang yg linear sama plan S2 kita ga sih? kalau emang gada peluang bidang yg kita mau gmna? ganti plan S2 nya atau trs ikhtiar nunggu peluang kerja dibidang yg kita mau? #malahcurcol :D

    • Idealnya emg sebaiknya kerjaan kita linear dgn plan S2 kita. Tpi in case blum ada pluang kerja dibidang yg kita mau bisa paralel dgn daftar S2…. TAPI jgn asal ambil jurusan. Jangan smpe S2 itu cuma pelarian karena belum dpt kerja.

      Harus dipikirin jg S2 yg kita ambil sesuai dgn longterm objective kita. Paling gmpang kebayang lah paska S2 mau ngapain atau mau kerja dimana. Klo di negara maju hampir semua anak S1 lngsung lanjut S2 sbnernya baru kerja. Karena S1 udah biasa disana kaya tamatan SMA kita lah. Jadi klo mau S2 dlu baru kerja di Indo bisa aja asal jelas target perusahaan setelah S2 apa. Atau mungkin kerja di luar negeri dulu itu lebih bagus

Leave a comment