Tafsir Al Qadr, Lauhul Mahfuzh dan Turun nya Quran


Baru nonton tafsir Al Qadr dari Nouman Ali Khan. Makin terharu, salah satu nya di ayat pertama yang menjelaskan tentang Inna Anzalna, sesungguhnya kami menurunkan Al-Quran, hu fi lailatil Qadr, di malam lailatul Qadr.

Penjelasan ustad Nouman, yang diambil dari predominant tafsir, dari Ibnu Abbaz ra, “Anzalna” disini artinya “turun entire Quran at once”.

Ini menarik.

Jadi di Arabic itu ada anzalna ada nazalna, di common English ditranslasi artinya sama yaitu “We sent it down”, tapi sebenernya artinya entirely different. Anzalna itu sent it down at once. Tapi kalo nazalna, something takes place over time. Jadi kaya guru yang mengajarkan muridnya ilmu, itu over time. Beda dengan orang menyampaikan informasi keberangkatan pesawat, itu cukup sekali.

Nah menariknya di surat ini dipakai kata Anzalna, which is We sent it down at once. Ada beberapa tafsir, tapi Ustadz Nouman menjelaskan yang predominantnya. Jadi sent it down at once ini, artinya turun entire Quran, dari Lauhul Mahfuz – seventh heaven ke first heaven/surga tingkat pertama, dan itu ditekankan sekali lagi entire Quran at once. Baru dari sana malaikat Jibril menurunkan ke Rosul SAW bertahap / on occasion selama 23 tahun (umur 40-63) kerosulan beliau.

Jadi kalo digambarin via flowchart kira-kira gini

Untitled Diagram2 (1).jpg

Itu keren banget ga sih??

Saya salah satu nangkep hikmahnya gini. Jadi, di dalam Al Quran itu ada beberapa ayat yang diturunkan berdasarkan suatu kejadian kan. Berarti memang Allah sudah tau semua yang bakal terjadi di dunia. Jadi alurnya bukan -> ada suatu kejadian -> terus Allah tulis -> terus disampaikan ke Rosul SAW. Bukan. Melainkan, Allah menulis semua ENTIRE Quran sampai selesai, SEBELUM kejadian-kejadian itu terjadi -> dan ketika terjadi -> Jibril menyampaikannya ke Rosul SAW.

MasyaAllah. Keren banget ya.

Menambah keyakinan bahwa semua yang ada di dunia itu sudah tertulis semuanya di Lauhul Mahfuz. Jadi kita ga perlu khawatir. Toh ups and downs semua manusia itu (termasuk kita) udah ditentukan. Masalah rezeki, jodoh, jalan hidup, kegagalan, keberhasilan, semuanya sudah tertulis. Bahkan daun yang jatuh pun semuanya sudah tertulis.

Sempet diskusi singkat dengan temen pagi ini. Tau film interstellar kan, yang ada salah satu orang yang masuk ke dimensi keempat, waktu. Yang dia bisa modify & alter waktu sesukanya. Itu fiksi. Tapi scientifically theory nya make sense. Jadi -ini theory juga- Allah itu (jelas) berada di dimensi yang jauh lebih tinggi dari manusia, hypothetically let’s say x-dimension world (x is uncountable and could be unlimited/undefined/ghaib), which is subset dari x dimensions nya, salah satu nya adalah waktu, sehingga bisa meng-alter waktu sesukanya. Salah satu contohnya ada di Surat Al-Kahfi, kisah pemuda yang berada di gua yaitu waktu bisa dimodify relatively different dengan waktu di tempat lain.[1]

Jadi ibarat kita yang tinggal di 3-dimension world yang bisa meng-alter jarak/ruang, kita jalan maju/mundur, sesukanya. Jadi dengan berada di dimensi waktu, jelas Allah bisa melihat entire timeline, kapan perang dunia I, perang dunia II, bom Hiroshima Nagasaki, Indonesia merdeka, Zuckerberg founding facebook, Yahoo akhirnya diakusisi Verizon, dst. Allahualam. Itu hanya hipotesa, pemikiran secara singkat, tapi kesimpulannya alam ghaib itu pasti ada dan yang jelas Allah itu pasti ada.

—-

Luar biasanya Islam ya. Alhamdulillah. Bersyukurlah kalian yang masih diberi nikmat iman sampai sekarang. Karena itu adalah nikmat terbesar yang Allah berikan dari nikmat apapun lainnya yang ada di dunia. Sehat, harta, jabatan, semuanya gaada apa-apa nya dibanding nikmat Iman.

Itu baru tafsir satu kata loh ya. Haha. Sudah lumayan panjang. Jadi internalisasi Quran itu memang tidak ada batasnya. Untuk lengkapnya mending langsung ke TKP aja gan, di youtube, sekalian mempersiapkan juga untuk 10 malam terakhir di Ramadhan ini. Semoga kita bisa dipertemukan dengan malam Lailatul Qadr. Allahumma Aamiin.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s