22 dan Beban Nama


Alhamdulillah. Akhirnya sampai pada titik ini, 22. Allah masih memberikan kesempatan saya untuk beribadah lebih banyak. Terima kasih untuk semua teman-teman yg mengucapkan dan mendoakan baik secara langsung, WA, Line, facebook dan media lainnya. Punten belum bisa balas satu-satu.

Yang ingin sedikit saya garis bawahi di tulisan ini, a bit out of expectation, banyak teman-teman saya yg dari negara lain -baik ketika saya exchange maupun intern di Hamburg- mengucapkan “happy birthday” melalui facebook. Grateful they still remember me *terharu* :’). Tapi itu juga menjadi salah satu tantangan bagi saya. What I know from facebook algorithm is the more we have interaction with people the more they come to our nearest circle.

The point is nama saya. Yap, tanpa menjelaskan panjang lebar mereka pasti tau saya muslim. Nama depan “Muhammad” memang salah satu beban dan amanah yg harus saya pegang. Dengan salah satu ucapan yg mereka berikan baik via facebook wall atau chat, post-post saya bisa masuk di newsfeed mereka yg kebanyakan non-muslim. Seperti post saya sebelumnya, ini juga bisa menjadi peluang untuk bisa “share” ke mereka what Islam really is. Aamiin. Semoga.

dont-keep-calm-cause-its-my-22-birthday-

Intinya, saya juga berharap di umur 22 ini saya bisa menjadi lebih baik dari 21 tahun saya sebelumnya. Banyak tantangan kedepan. I will be more become an adult. Hidup lebih mandiri. Bersiap untuk berkeluarga (aamiin). Memasuki kerasnya dunia kerja dan berbagai kenyataan dibaliknya. Titik awal dalam mempertahankan prinsip dan idealisme. Sekaligus menjadi khilafah seperti firmanNya di dalam Al-Quran.

Ya Rabb, berkahi umur ini. Aamiin.[]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s