Inverted U curved & Partner


Salah satu hal favorit yang biasanya saya lakukan sebelum tidur adalah membaca. Mengarungi kumpulan huruf dan tanda, menjelajah pemikiran dan alam yang jauh di luar jangkauan langkah. Buku ini berjudul “David & Goliath”, buku paling baru yang ditulis oleh salah satu penulis favorit saya, Malcolm Gladwell.

Hal menarik yang saya dapat dari bab ke dua buku ini, membuat saya langsung meluangkan sedikit waktu kantor saya untuk menulis, sekedar berbagi inspirasi dan pandangan. Jika kalian sudah membacanya, pasti kalian sudah mengetahui tentang kurva U terbalik kuznets (See, I just got a new knowledge from reading, I just knew it by the way. It’s a bit interesting).

Sebelum masuk ke kurva tersebut, saya ingin menulis sedikit cerita. Saya coba paraphrase singkat mengenai kisah yang dikutip oleh Om Gladwell dalam bab 2 buku ini. Cerita dimulai dari seorang yang sukses di Holywood. Sejak kecil orang tuanya berasal dari keluarga menengah ke bawah, bahkan ketika dia menginginkan sesuatu, orang tua nya mewajibkan dia untuk membayar setengahnya

“You want that bicycle, you have to pay half of it”, said the father

Lebih strictnya lagi, ketika dia, by chance, lupa mematikan lampu atau listrik, ayahnya mengeluarkan data tagihan dan menyuruhnya untuk membayarnya. Well, now it started to be cool. Dengan didikan ayahnya, di umurnya yang sebelas tahun, di tengah musim dingin dengan salju yang lebat, dia mencari perumahan kaya yang meminta dibersihkan pekarangan rumahnya dari salju. Dia mengumpulkan list nya, dan mencari anak-anak lain untuk membersihkannya. Kemudian dia membayar anak-anak tesebut, at first dengan uang nya sendiri, baru kemudian setelah semua rumah bersih dia menagih ke semua pemilik rumah tadi untuk dia pribadi. You know in his age, dia sudah bisa menghasilkan 500$ (in that year, sekitar 5000$).

Singkat cerita, orang ini berhasil membangun bisnisnya di Holywood dan sekarang menjadi salah satu bilioner di US dengan jet pribadi dan ferrari di garasi. Namun uniknya, dengan gaya hidup dan lingkungannya sekarang, dia justru kesulitan untuk mendidik anaknya seperti ayahnya mendidik dia. Well sometimes we say, saya harus menjadi kaya agar bisa mendidik anak-anak saya lebih baik dengan membayangkan kurva linear antara kekayaan dan mendidik anak.

1*OzsGYm7489yl69FDA3Z2NwBut Malcolm said it’s not totally right. Disini berlaku inverted U curve Kuznets, yaitu hampir disetiap lini kehidupan yang kita kira linear, justru memiliki satu titik balik yang membuat sumbu vertikal kembali turun seiring dengan bertambahnya kurva horizontal.

Seperti kekayaan dan mendidik anak, juga salah satu yang berlaku kurva U terbalik, yaitu tidak selamanya menjadi kaya lebih mudah mendidik anak, dan terlalu miskin -dengan kerja hanya untuk makan- bisa sangat sulit dalam pendidikan anak. In the book it stated that $75,000 wealth is the tipping point of the U curved.

1*adTb3ImvwzXkt41m-HfmagWell back to my title here consisted of “Partner”, I just want you (readers) to know, that it’s better to find partner (I mean really life-partner) who knows this fact. At least why I write this because I do really want my future partner (insyaAllah) read this and have a glance of knowledge about this inverted U curved. Bahwa sebaiknya sesama partner untuk bisa mendaki bersama, memberikan kesempatan anak untuk juga merasakan how crap life could be, and how do we need hardwork to achieve a goal.

Well it also doesn’t mean that statistical research is 100% right, there are still external variables that needed to be counted (Islamic parenting for instance) which I believe regardless how rich we are, if we use Quran as the based foundation in parenting, it would turn out to be linear curve. Who knows, at least I put my belief in it :)

Hamburg, Germany
Friday 14th August 2015, before leaving to go to Al-Ikhlash mosque :)

One thought on “Inverted U curved & Partner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s