Gym


Altampani goes to Gym lol. Jadi ceritanya di dekat kontrakan, daerah dago asri ada Gym baru namanya Urban gym. Sekontrakan langsung heboh & pada nyobain. Saya yang notabene udah lebih pengalaman cuma coba ikutan karena untuk promo ada satu kali free trial.

tumblr_ni3eisdGtz1qbxx0no1_1280 tumblr_ni3eisdGtz1qbxx0no2_1280 tumblr_ni3eisdGtz1qbxx0no3_1280

Saya sendiri mulai coba ngeGym saat exchange waktu itu diajakin teman dari Finland dan sekaligus yang jadi trainer saya (ngajarin pakai alatnya). Akhirnya saat di Indonesia awal semester kemarin lanjut di Sosi Gym di balubur. Dua bulan lalu udah berhenti karena hectic TA.

Saya sendiri prefer gym untuk menjaga kebugaran, pertahanan diri & kekuatan. Yah minimal mindahin meja, lemari, angkat galon, saat beres-beres rumah ga kesusahan lah. Lumayan juga kan bisa bantu keluarga. Pertahanan diri juga perlu, terutama jika kedepannya ingin tinggal di tempat baru, luar negeri misal, atau untuk membela negara jika perang layaknya Said Nursi (efek baru baca novel “Api Tauhid”-nya Kang Abik). Sahabat-sahabat Rosul juga banyak yang bugar & kuat. Rosul pun pernah gulat dengan seorang laki-laki yang terkenal kuatnya, namanya Rukanah. Permainan ini dilakukan beberapa kali (H.R Abu Daud). Random jadi kepingin juga membuat Gym personal gitu, dekat rumah, khusus untuk muslim. Hehe.

Kakak2 kontrakan langsung pada daftar Urban Gym tadi. Saya masih ingin nyesuaiin dengan kesibukan TA dulu. Sama katanya ada info juga di hotel Jayakarta, ga jauh juga dari kontrakan, ada Gym yang lebih murah & ada kolam renang + sauna juga. Renang FYI juga salah satu olaharaga yang dianjurkan Rosul SAW selain berkuda & memanah.

“Ajarkan putera-puteramu berenang dan memanah.” (HR. Ath-Thahawi).

Karena renang itu penting untuk stamina dan juga daya tahan nafas, biar ga mudah capek. Yah intinya sebagai muslim kita juga harus memenuhi hak tubuh, untuk berolahraga dan menjaga kesehatan.

“Mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih disukai oleh Allah daripada mukmin yang lemah. (HR Muslim)”

Kuat disini ditafsirkan oleh ulama adalah kuat secara Rohani. Karena memang itu yang utama. Allah juga melihat derajat seseorang dari ketaqwaan bukan fisiknya. Baru kemudian definisi ‘kuat’ tersebut terdeferensiasi kepada hal-hal lain termasuk berolahraga & memiliki badan yang bagus. Dalam sirah juga disebutkan Rosul memiliki tubuh yang bagus, kuat dan menawan. Kekuatan Nabi adalah haq karena kekuatan itu juga digunakan sepenuhnya untuk perjuangan agama.

Intinya, kekuatan & kebugaran menurut saya diperlukan. Bukan untuk hal-hal dunia tapi semata-mata untuk agama: menolong orang lain; sehat sehingga mudah dalam beribadah; pertahanan diri; dan juga jika suatu saat ada perang, kita bisa gabung dalam Jihad Fisabilillah. Allahu a’lam.[]

2 thoughts on “Gym

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s