One of Efforts to See Cologne


Seperti yang sudah saya tulis di post sebelumnya, Alhamdulillah, saya diterima menjadi salah satu delegasi Indonesia di 17th World Business Dialogue yg akan diadakan Maret 2014 ini. Tapi perjuangan belum berhenti, masih perlu dana yg tidak kecil untuk bisa menginjakan kaki di Cologne German, yang mana annual event super besar ini akan diselenggarakan.

Salah satu email yg cukup memberi harapan, adalah adanya scholarship untuk beberapa delegasi untuk bisa berangkat ke German, dengan cara membuat gambar, tulisan atau video yang menerangkan “why we are deserved to get that valuable scholarship”.

Langsung saja raga tergerak secara refleks mencari segala cara untuk bisa apply beasiswa tersebut. Tulisan terlalu sederhana. Satu halaman gambar juga sulit menerangkan semua curahan pikiran. Akhirnya memutuskan bahwa satu-satunya yang bisa cukup merangkum segala alasan saya adalah video rekaman. Yah hitung2, meskipun in case kedepannya masih tetap tidak mendapat beasiswa, atau worst case gagal berangkat ke German, minimal video ini bisa everlasting, menggambarkan salah satu mimpi saya dan bisa saya lihat kedepannya. Sekaligus bukti kongkrit yang menerangkan, setidaknya ada secercah effort yang saya keluarkan, untuk bisa melihat Cologne & belajar banyak hal baru dari sana.

Sadar akan kemampuan diri yang sangat minimalis terkait per-video-an, akhirnya saya mencoba menggunakan seluruh jaringan yang saya punya… teman2, grup Line, whatsapp, dll untuk menemukan orang yang bisa membantu saya menyempurnakan video ini. Singkat cerita saya dikenalin ke dua orang anak DKV ITB, satu laki2 & satu nya lagi perempuan. Dua2nya saya coba kontak, tapi yang membalas hanya satu adik kelas DKV perempuan ini, yang memang kebetulan waktu itu “mutual friends” nya teman2 dekat saya. Jadi cukup gampang.

Namanya Silfa, sok misal yang pengen kontak dia bisa tanya ke saya. haha. Bukan apa2 cuma pengen menolong saja siapa tau beberapa pembaca disini sedang mencari video-animator. Habisnya video buatannya keren sih (promosi :p). Padahal buatnya cuma beberapa hari karena emang deadline aplikasi beasiswa utk WBD ini cuma 1 minggu, punten ya fa haha.

Alhasil, bisa dilihat videonya disini.

Gaul yak animasinya! Meskipun saya minta dibikinin video atau bisa dibilang terima jadi, tapi FYI aja sih, saya juga cukup mengeluarkan effort yang tidak sedikit. Saya perlu merangkum berbagai hal dalam video yg dibatesin cuma 2 menit. Menyusun story board. Membuat kata-kata. Menekankan pesan2 inti yang harus tersampaikan. Hingga menutupnya dengan alasan tepat why do I really need that scholarship.

Ditambah lagi saya harus bolak-balik mencari tempat sepi di ITB buat rekaman, yang ternyata susahnya minta ampun (dikira liburan bakal gampang, karena sepi, ternyata susah!). Mana di berbagai pelataran di ITB sedang banyak perbaikan, hasilnya banyak suara-suara, bunyi mesin pemotong kayu lah, ketok palu lah, orang2 ngobrol & noise2 lain. Haah.. tapi akhirnya setelah sekian kali berputar2 keliling ITB, saya menemukan tempat strategis, yaitu lantai 4 GKU timur. Lol. Membayangkannya saja kala itu saya kaya orang super ansos, bawa Laptop & headset, muter2 ITB, dan menyendiri di lantai 4, ckck. Tapi alhamdulillah disana sepi pisun, jadinya rekaman berhasil didapatkan. Meski itupun ga mudah sih, kebayang record history di HP saya berjumlah 24. Artinya, rekaman yg ke 25 baru bisa sempurna, tanpa noise, salah ngomong, ataupun batuk2. Pengalaman asik dah intinya.

Yah sekali lagi, meskipun mungkin kedepannya Allah memang belum memberikan rezeki ke saya untuk ke German melalui WBD ini, tapi pengalaman buat video beasiswa ini cukup unforgettable, moreover video hasil nya juga kereen! Hihi. Kesimpulan, ini salah satu usaha effort yang saya lakukan, hasil biarlah Allah yg menentukan. :)

3 thoughts on “One of Efforts to See Cologne

Leave a Reply

