Berjuta Inspirasi dalam 5 Hari – Forum Indonesia Muda 12


“Pemuda Indonesia!”

“Aku, untuk, bangsaku!”

Sembari mengepalkan telapak tangan kanan di depan bahu kiri, ke bahu kanan dan ke atas menuju langit-langit!

Begitulah jargon utama dari Forum Indonesia Muda (FIM) 12 yang beberapa hari yang lalu baru saja saya ikuti. FIM 12 ini diadakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (BUPERTA), Cibubur, Jakarta Timur, mulai dari tanggal 28 April hingga 2 Mei 2012. Sungguh 5 hari yang takan pernah terlupakan dalam hidup saya, yaitu bisa tergabung dalam keluarga besar dimana setiap anggota keluarganya adalah orang-orang yang peka dan peduli terhadap permasalahan bangsa.

FIM (Forum Indonesia Muda) adalah sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi maupun organisasi kepemudaan di Indonesia, dari Aceh sampai Papua, bahkan yang sedang berada di luar negeri. FIM dibentuk untuk menjadi sarana peningkatan kompetensi pemuda dan mahasiswa dalam rangka mempersiapkan pemimpin masa depan dan wahana silaturahmi antarpemuda dari berbagai latar belakang. Hingga saat ini, FIM sudah menaungi pemuda-pemudi dari seluruh nusantara hingga angkatan 12, dengan total 13 angkatan yaitu mulai dari FIM 1, FIM 2, hingga FIM 12 dan ditambah 1 angkatan FIM Rescue. (http://forumindonesiamuda.org/about-3/)

Untuk FIM 12, tema yang diangkat dalam pelatihan adalah mengenai character building yaitu dengan tagline khasnya #manakaraktermu. Materi dan pematerinya sungguh inspiratif yang bisa menggugah para peserta maupun panita untuk semakin bersemangat membentuk karakter pribadi dalam rangkaian kehidupan yang akan dijalani kedepannya. Namun, tambang inspirasi yang sesungguhnya bukan hanya bersumber dari pemateri saja, justru keberjalanan acara yang membawa kedekatan antar panita dan peserta-lah yang lebih memberikan hujan inspirasi bagi setiap individu yang tergabung didalamnya.

Saya pribadi jujur tidak merasakan gep sama sekali baik dengan panitia maupun teman 1 angkatan FIM 12. Oleh karena itu canda-gurau dan obrolan santai antar orang menjadi hal yang biasa di 5 hari pelatihan tersebut. Teman-teman yang paling dekat dan banyak memberikan inspirasi untuk saya adalah teman-teman satu asrama dan satu kelompok. Saat pelatihan, peserta laki-laki dibagi menjadi 2 asrama dan saya mendapatkan asrama Imam Bonjol.

Di asrama, hampir setiap waktu kosong kita gunakan untuk bertukar pikiran dan informasi dari asal kampus dan latar belakang masing-masing. Saya banyak sekali mengobrol dengan orang-orang hebat yang baru saya kenal kala itu. Ada yang baru turun jabatan dari presiden BEM universitas, sedang memegang amanah sebagai ketua BEM fakultas, inisiator dari suatu gerakan sosial, sedang berkuliah di luar negeri dan orang-orang dengan pikiran besar lainnya yang tercermin dari setiap kata yang terlontar dari mulutnya hingga bisa saya cerna dengan telinga dan otak saya.

Foto keluarga besar penghuni asrama Imam Bonjol #FIM12

Bertukar pikiran dalam nuasa kebersamaan dan kekeluargaan

Dari hasil obrolan singkat seperti itulah justru yang jika diakumulasikan mengalahkan ribuan inspirasi dari para pemateri. Diskusi masalah bangsa secara solutif, saling tukar pikiran mengenai politik kampus, membahas isu BBM sembari makan pagi, melempar gagasan untuk pilgub DKI nanti, hingga menceritakan pengalaman hidup masing-masing orang yang terkadang kocak namun mengandung nilai-nilai motivatif yang bisa diambil. Hal-hal inilah yang secara tidak langsung terkonversi menjadi bahan bakar bagi diri saya untuk terus maju kedepannya. Saya semakin yakin bahwa Indonesia bisa menjadi negara besar dan benar-benar merdeka di tangan para pemuda kelak.

Sungguh 5 hari yang luar biasa sepanjang hidup saya. Nuansa kekeluargaan kental yang tercipta, hingga Atmosfir positif yang sungguh menyelimuti seluruh rangkaian acara Forum Indonesia Muda 12 ini. Ingin rasanya terus marajut hari-hari positif dengan mereka hingga kita semua bosan satu sama lain dan bergairah untuk segera menyebarkannya ke adik-adik kita nanti.

Namun kita semua sadar bahwa 5 hari tersebut hanyalah sebagai batu loncatan untuk semakin melejit kedepannya. Diharap FIM 12 ini bisa menjadi amunisi bahan bakar untuk melaju di ranah dan wadah pengembangan diri kita masing-masing. Dengan bahan bakar jutaan inpirasi yang didapat selama 5 hari tersebut, kita semua siap menambah kecepatan di jalan masing-masing dengan satu garis finish yang akan menghubungkan kita semua. Yaitu garis keberhasilan dalam 1 keluarga yang akan membawa Indonesia menjadi negara besar yang mensejahterakan seluruh rakyatnya. Amiin!

Semangat setiap anggota keluarga FIM 12! Tunjukan karakter baik kita di setiap detik, menit, jam hingga setiap untaian rantai kehidupan! :D

Peserta FIM pada saat sesi penutupan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s