Entrepreneurship for Nation


Di post kali ini, saya ingin berbagi hasil dari apa yang telah saya dapatkan ketika mengikuti Future Leader Summit di Semarang tempo hari. Sekaligus merespon janji saya di post sebelumnya. Ini merupakan review apa yang saya dapat dari presentasi Kang Goris Mustaqim, one of inspiring people for me.

Well, sebelumnya saya ingin pembaca mengetahui terlebih dahulu.. fakta apa saja sih yang Indonesia miliki sekarang ? Take a look at this picture:

Facts of Indonesia

Indonesia merupakan negara keempat terpadat populasinya di Dunia. Namun itu bukan sepenuhnya berarti kabar baik bagi kita, karena dari total 235 juta jiwa penduduk dengan jumlah tenaga kerja ‘labor force’ sebesar 112,74 juta orang, Indonesia masih memiliki sekitar 8,96 juta jumlah tenaga kerja yang menjadi pengangguran ‘unemployed’. Betapa miris bukan fakta tersebut?? Ditambah lagi jumlah pekerja yang terlepas dari jerat pengangguran masih berada di jurang kemiskinan.

Namun, tidak semata-mata Indonesia sudah pupus dari harapan. Secercah cahaya penerang masa depan, yaitu 36,4% pemuda masih memiliki kesempatan untuk membangun dan memajukan Indonesia menjadi negara yang lebih baik. Mereka lah yang akan membawa angka pengangguran dan kemiskinan tersebut menjadi sedikit berkurang dan lama kelamaan menghilang.

But, what youths need to do??

Benar, yaitu dengan memperbanyak kuantitas entrepreneur (wirausaha) yang ada di Indonesia.

Dengan semakin banyak pemuda yang berwirausaha mandiri, maka dampak kedepannya adalah semakin banyaknya terbuka lapangan pekerjaan yang dapat diisi oleh sejumlah pengangguran yang terdata diatas. Jadi, mindset pemuda sekarang, terutama yang sedang melanjutkan studi setaraf perguruan tinggi, haruslah berubah yang dulunya mencoba mencari pekerjaan menjadi menciptakan pekerjaan. Ada beberapa hal lagi yang semakin membuat kita (pemuda) harus aware terhadap isu ini dan menciptakan lebih banyak entrepreneur, yaitu fakta di bawah ini:

Kondisi Wirausaha Indonesia

Indonesia, at least, harus memiliki porsi wirausahawan sekitar 2% dari total jumlah penduduk untuk mengembangkan perekonomian dan meretas pengangguran. Bandingkan dengan negara lain, yang tidak perlu jauh-jauh, Malaysia saja sudah memiliki 2,1% penduduknya yang berwirausaha, juga Thailand yang sudah mencapai 4,1%-nya. Oleh karena itu, kita lah yang perlu menebarkan di ranah Ibu Pertiwi ini entrepreneur2 muda penghasil lapangan pekerjaan Bangsa.

We need more Entrepreneurs

Sebenarnya, masih banyak selain kuantitas yang perlu ditingkatkan. Ada juga kualitas para entrepreneur yang mengacu pada sustainable development (lihat post saya sebelumnya: http://bit.ly/lE0DtH), kemudian entitas, perbedaan, dll. Namun, kesimpulan dan inti dari post ini, adalah marilah kita semua pemuda pondasi Bangsa membangun Indonesia yang lebih baik dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan lebih banyak secara kuantitas dengan menjadi entrepreneur. Berikanlah kontribusi nyata terhadap masyarakat. Karena sesungguhnya:

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Be useful for others, dan jadilah insan persada Bangsa yang dikenang karena hal baik yang ditinggalkannya. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s