Resolusi Resmi 2011


Parah! Ga terasa 2 bulan sudah berlalu di tahun 2011 ini. Sekarang sudah hampir memasuki bulan ketiga malah. Yahh, Mungkin bisa dibilang post ini sudah agak (sangat) “ngaret” untuk dipublish tahun ini. Tapi yah, beginilah faktanya. Awal tahun saya sempat disibukkan karena kegiatan2 awal kuliah. Mulai dari daftar ulang lah, pindah kosan, agenda panitia, unit dan kegiatan2 ke-kuliah-an lain yang harus segera diselesaikan sebelum era 2011 berjalan jauh.

Intinya, saya akhirnya berhasil memutuskan beberapa resolusi yang insyaAllah saya akan berikhtiar sekeras mungkin untuk menggapai semua resolusi tersebut. Layaknya kalimat “man Jadda wa Jadda” __ siapa yang berseungguh-sungguh maka dia yang akan berhasil. And now I’m trying to realize it. :)

Well, seperti yang telah saya post sebelumnya.. saya telah membuat draft resolusi 2011 yang mungkin bisa dikatakan itu dibuat secara spontan. Setelah dipikir2 dengan cucuran keringat mendekati volum air lautan #Exaggerating __ akhirnya saya memutuskan 13 resolusi untuk tahun ini. Berikut resolusi dan beberapa penjelasan singkatnya:

1. Mendapatkan nilai TOEFL 550 atau lebih

TOEFL 550 kayaknya merupakan salah satu syarat utama untuk mendapatkan beasiswa, terutama abroad scholarship nih. Karena itu, di tahun 2011 ini saya mencoba untuk merealisasikannya. :)

2. Mulai mencoba untuk berbisnis

Poin nomor dua ini nih, saya mulai tertariknya ketika awal-awal masuk kuliah. Sebenarnya masa SMA sama sekali jarang mendengar kata2 “bisnis”. Yang saya tangkap waktu itu, bisnis = jualan = nagabisin waktu. Namun setelah masuk kuliah ini ternyata bisnis ga se-“SIMPLE” itu ! Perlu managemen, persiapan dan yang paling penting keberanian dalam mengambil resiko. Pokonya mangstab dah! makanya untuk 2011 ini saya ingin mencoba “memulai untuk merasakan gagal” (baca: bisnis).

3. Pergi keluar negeri dengan jalur beasiswa

Well, sebenarnya ini salah satu resolusi saya tahun kemarin yang ga kesampean.  Yah therefore gua pengen banget nih yang satu ini tercapai!! Ganbatte.

4. Membentuk (atau setidaknya terlibat aktif) di komunitas/organisasi pemuda yang bergerak dalam bidang “perubahan”

Ini dia poin terpenting resolusi 2011 saya yang dengan kata lain agar saya tetap berada dalam derasnya arus perubahan. :)

5. Memenangkan lomba menulis tingkat Nasional dan/atau internasional

Menulis = Berbagi = Berguna bagi orang lain. Well Mungkin saya sebenarnya juga masih setengah2 dalam menekuni bidang ke-jurnalistik-an ini. Namun yang saya mencoba untuk menggalinya lebih dalam. Yah, sepertinya untuk tahun2 kelulusan saya, orang yang ga bisa nulis = pengangguran dah. Jadinya, sebagai motivasi resolusi nomor 5 inilah yang menjadi target terbesar dunia pertulisan saya.

6. Berhasil menghapalkan 2 Jus Al-Quran

Nah nomor 6 ini merupakan jawaban bagi yang mungkin ada yang bertanya ke saya: “kok resolusi nya keduniaan semua yah?”. Di 2011 ini saya bermaksud untuk berhasil menghapal Al-Quran at least 2 jus. Doakan saja bisa deh! :D

7. Membuat passport pribadi

Kebanyakan formulir2 untuk acara2 tingkat international membutuhkan “passport expired: ” ya ga sih. Makanya saya bermaksud mengaktualisasikannya ke kehidupan saya. Pokoknya passport itu penting lah! Gayus aja bisa jalan2 kan dengan passport “buatannya”… Kenapa saya ga? LOL.

8. IP >= 3,5

“Wah frontal banget nih Afif, sok banget!”. Mungkin kalian2 yang membaca resolusi nomor 8 ini ada beberapa yang berkata begitu. Akan tetapi sesungguhnya hal ini lah yang menciptakan suatu situasi kritis bagi saya. Layaknya perkataan Prof. Yohanes Surya: Manusia lebih mengelurkan potensinya ketika dalam situasi kritis!. So, what’re your waiting for? Make yours!.

9. Ikut conference tingkat Internasional

Seiring berjalannya waktu, menambahnya pengalaman, kemampuan public speaking saya sudah benar2 meningkat pisan! Karena itu di tahun 2011 ini saya memtuskan untuk mencoba apply di berbagai konferensi tingkat internasional. :)

10. Memulai untuk belajar membuat robot

Sekolah Teknik Elektro Informatika. Itulah salah satu tanggung jawan sekaligus kebanggaan tersendiri buat saya menempati Fakultas tersebut di itb ini. Karena itu, terlepas dari saya memilih elektro ataupun informatika… saya akan tetap untuk belajar membuat robot. Yah nothing special reason actually! :)

11. Menghasilkan satu penelitian ilmiah yang berhasil menembus PIMNAS

Ini nih, salah satu hal penting buat bekal di masa datang. Terutam buat TA! bukan titip absen yang jelas, tapi Tugas Akhir !!! Not capable to write, not capable to pass too.

12. Memimpin suatu acara atau agenda intra kampus dan/atau ekstra kampus

Every human must be born to be leader. At least to lead his/her self. Namun saya cukup menyukai tantangan. Karena itu di 2011 ini saya mencoba untuk mencari benda2 berat untuk di taruh di bahu tanggung jawab saya. :)

13. Mulai memprioritaskan agenda dan membagi waktu secara maksimal

This the most important actually. Prioritas!! Sebenarnya ini yang masih “menggalaukan” saya semasa kuliah ini. Masih bingung menentukan prioritas setelah akademik di keduniaan. Untuk itu 2011 saya harus berubah nih. Pokoknya lancar dalam memprioritaskan!

13 Poin-poin inilah yang InsyaAllah dengan Ikhtiar dan Doa adalah target yang ingin saya capai di tahun 2011. Karena itu teman2, jangan pernah takut untuk bermimpi setinggi-tingginya. No limitation to dreaming, explore as much as you can.

28 Februari 2011

Muhammad Afif Izzatullah

16510304

Leave a Reply

