Resolusi 2010?


2010 baru saja pergi, disambut dengan lembaran kehidupan baru di era 2011. Sebelumnya saya sudah membuat resolusi (semacam “goal” jangka-panjang) di tahun 2010 kemarin. Karenanya sekaranglah waktu yang tepat untuk merespon dan mengevaluasi apakah resolusi2 tersebut berjalan di tahun kemarin.
Let’s check it out!
.

1. Masuk 10 Besar di Semester lima SMAN 17 Palembang [TERCAPAI]

Yah, meski terdengar susah2-mudah ternyata emang perlu perjuangan yang tidak sedikit untuk menggapainya. Overall I’ve done it! :)

2. Lulus Ujian Nasional dengan hasil yang memuaskan [TERCAPAI]

Hmm.. meski perbedaan soalnya jauh dengan soal2 USM/SNMPTN namun jika ga lulus UAN atau mendapat nilai kecil di UAN, ujian2 masuk perguruan tinggi lain2 itu akan menjadi percuma. Tapi dengan bantuan guru, orang tua, teman2 dan pastinya Allah SWT Alhamdulillah it’s so satisfying enough!

3. Diterima di STEI ITB [TERCAPAI]

Semestinya ga hanya STEI ITB saja yang menjadi target saya ketika masih “Masa-Galau” soal universitas. Pastinya dong, menyangkut masa depan gitu! Well, kemarin setelah ikhtiar se-maksimal mungkin.. akhirnya tujuan akhir saya untuk melanjutkan perjalanan-masadepan berhasil “terdampar” di STEI itb. Hope it will my best anyway, hehe. Amiiin!

4. Ikut tes Monbukagakusho dan lulus [GAGAL]

Dibilang gagal kayaknya juga kurang suitable sih, lebih tepatnya “tidak-diberi-kesempatan” untuk mencobanya.. mungkin. Kemarin ketika orang tua tau kalo saya lulus itb, mereka langsung tidak menyarankan saya untuk mencoba tes ini. Yahh, itb sih.. gimana ya?? Institut Terbaik Bangsa ding, makanya. :O However saya tetap ragu, meski saya mencobanya kemungkinan besar resolusi nomor 4 ini bakalan tertulis “gagal” juga deh kayaknya. Hahaha. lol.

5. Memperluas kosakata Bahasa Inggris [CUKUP Tercapai]

Kok ada “cukup” nya? Umm.. begitulah sih kenyataanya. Meski secara eksplisit saya terlihat lumayan bertambah kosakata Bahasa Inggrisnya, tapi implisit saya sadar itu masih jauh dari tercapai. Niat masih setengah2 untuk belajar Bahasa Inggris, effektifitas juga diganggu beberapa resisten masa2 kelabilan SMA. Yeah that was the fact though. I hope in this 2011 I can improve more anything about English. For grammar either of course! Ganbatte deh! :)

6. Terlibat di banyak kegiatan, organisasi atau komunitas [TERCAPAI]

Ini nih salah satu hal penting dalam “perubahan” diri saya tahun 2010 kemarin. Intinya adalah berubah yang dari “Ignorer”, “jobless”, “passivist”  menjadi “awarer”, “jobfull” and”activist”. Walaupun belum sepenuhnya effektif, at least passion untuk berubahnya itu sudah berhasil saya dapatkan. Dari perubahan polapikir, tingkah laku, sikap hingga tindakan yang dilakukan disetiap jarum-detik jam berputar 6 derajat dalam satu putaran. Semua itu membuat saya sudah berhasil cukup aktif di beberapa komunitas, organisasi dan kegiatan2.

7. Belajar nyetir [CUKUP tercapai]

Haha, satu lagi kata cukup muncul. Ini karena saya cuma belajarnya di sekitar lingkungan komplek rumah. Itupun misalnya keluar paling ga jauh2 amat. Belum dapat challenge yang berarti dah intinya. :p

8. Ikut perlombaan via-internet dan memenangkannya [TERCAPAI]

Ikut sih sering, tapi kalo “memenangkannya” itu yang jarang. Akan tetapi Alhamdulillah saya berhasil kemarin mendapat juara design logo via-online. Yah that’s satisfying enough to fulfill this 8th resolution though. Hehe

9. Pergi keluar negeri dengan beasiswa [GAGAL]

Ini nih yang buat saya paling kecewa. Kayaknya emang masih kurang doa dan atau mungkin memang belum takdir saya untuk berangkat keluar melalui scholarship. Mulai dari AFS, lomba essay, bahkan sampai apply CV untuk ikut conference masih belum ada yang nyangkut satupun. Tapi positif thinking aja deh. Berarti mungkin memang kemampuan saya belum mumpuni untuk keluar dan menghadapi dunia yang “jelas” membutuhkan preparation yang benar2 convenient sebagai bekal. But somehow, I never give up to try it again this year! :)

We need the process

10. Dapat 1500 lebih teman di FB [TERCAPAI]

Lol. This last resolution is kinda kidding one among others. Mengapa ga gitu, teman di FB dicari! “rofl-rofl”. Even sekarang malah gw sendiri yang kewalahan dengan banyaknya friend requests yang datang. #Lebay. Hahaha. :D

Well, overall dua Gagal dan lainnya Tercapai adalah sesuatu yang cukup patut dibanggakan sih (buat diri sendiri dulu tentunya). Meski itu masih jauh dari resolusi2 besar yang dibuat para figur2 inspirational saya, at least proses dalam setiap tangganya itu yang perlu diapresiasi besar__sebagai batu loncatan untuk melompat melewati dinding tinggi tantangan dan rintangan kedepannya. At last I just wanna say

“Have a better life  in 2011 for me, and you all together!”

 

Palembang, 1 Januari 2011

Muhammad Afif Izzatullah

One thought on “Resolusi 2010?

  1. Hey Yawl I read the information you shared here and I wanted to point out you need to continue to add more articles. It’s really fascinating to us readers and I will be back. I will talk about with my online buddies. Keep publishing great stuff!

Leave a Reply

