A Circle and A Dot (Are You a Genius?)


Well, Isi post ini sebenarnya saya kutip dari sebuah buku yang “tanpa sengaja” saya temukan, in a bookstore. Saat itu saya sedang menunggu kedatangan teman saya yang lain, jadi karena tidak ada kerjaan saya iseng membolak-balik halaman dari setiap buku yang saya temukan sembari menunggu kedatangan mereka (Sight Seeing).

Kala itu saya menemukan sebuah buku yang menarik, bersampul kuning dengan cover wajah Einstain di depannya, namun saya lupa judulnya. Yang saya ingat hanya subtitle di bawahnya bertuliskan:

Be a Genius in 5 Steps

Wow it’s really a title which makes us curious, right? Akhirnya saya membuka halaman awal dari buku itu dengan Bab pertama menjelaskan “What is Genius actually”. Segera saya mulai menapakkan pandangan saya disetiap kata dalam buku itu. hingga akhirnya, sampailah saya kepada satu soal (atau bisa juga disebut game) yang benar-benar menarik. Buku ini tidak menamakannya “tes” karena ia memang tidak sedang mengetes anda, namun hanya melampirkan sebuah “soal” yang terserah anda mau mencobanya atau tidak.

So I continued reading it and karena saya bukan pengingat yang handal jadi saya hanya menyampaikan dalam bahasa saya (tidak sedetail buku itu) tentang soal itu. Inilah “soal” nya, yang saya iseng menamainya:

A Circle and A Dot

Sebelum membaca di bawah ini, saya sangat menyarankan anda membacanya secara teratur. Dari pertama, kedua, hingga terakhir tanpa anda loncat-meloncat. Okay let’s in!

Pertama yang anda perlu siapkan adalah Pena/alat tulis dan selembar kertas.

Yup a pen and a paper are enough for this matter.

Jika anda termasuk orang yang malas untuk (hanya) beranjak mengambil kedua benda tersebut, cukup dengan mengkhayal saja, that’s enough. Tapi saya sangat menyarankan anda sebaiknya sudah memegang sebuah pena dan selembar kertas ketika anda membaca tulisan ini.

Kedua ambil pengukur waktu (jam/stopwatch/dsb) or just estimate it (perkirakan saja). Karena soal ini hanya membutuhkan waktu “5 detik” untuk anda mengerjakannya.

Just need 5 Seconds to do it, not more

Baiklah setelah anda memiliki alat nya, pena dan kertas (atau kalian lebih memilih menghayal doesn’t matter) dan juga pengukur waktu (atau kalian lebih memilih memperkirakannya doesn’t matter too) sekarang kita masuk ke aturan mainnya. It’s simple.

Read this carefully:

Yang harus anda lakukan adalah menggambar sebuah lingkaran (a circle) di kertas tersebut yang jelas masih berada dalam kertas tersebut. Kemudian buatlah sebuat titik (a dot) di kertas tersebut.

A Circle

Setelah membaca petunjuk diatas, bersiaplah untuk menggambar. Saya ingatkan lagi waktu untuk melakukan semuanya adalah hanya 5 detik, tidak lebih. Okay setelah saya tulis start, langsung segera menggambar atau mengkhayal dalam jangka waktu 5 detik.

Now START!

Done? now saatnya kita lihat ke hasil. Sebenarnya buku ini juga tidak langsung melampirkan jawabannya segera, tapi diikuti beberapa soal yang lain, soal 2 dan soal 3. Tetapi berhubung saya hanya mengingat soal 1 jadi saya langsung memberikan jawabannya. Sebenarnya tidak ada jawaban yang benar, ini hanya pendapat buku ini mengatakan kepada anda, setelah anda mengerjakan soal diatas tadi.

STOP!!

Ingat jangan coba-coba membaca ini jika kalian merasa belum mengerjakan soal diatas, at least kalian sudah mengkhayal, it’s enough. Jika anda sudah benar-benar mengerjakannya, now Let’s Check it out!

JAWABAN :

Periksalah di mana Anda menempatkan titik di kertas Anda itu:

> Orang yang berdisiplin dan bersekolah dengan baik cenderung tetap di dalam batas, maka mereka tempatkan titiknya di tengah lingkarannya.

> Orang yang lebih cuek cenderung menempatkan titiknya di mana pun di dalam lingkarannya tetapi bukan di tengahnya. Semakin dekat titiknya itu dengan lingkarannya, semakin beranilah orang itu mengambil resiko.

> Jarang, tetapi sesekali, orang menempatkan titikanya di pinggir lingkarannya. Menarik … seolah-olah tidak ada tempat lain di kertasnya! Mereka mungkin aparat penegak hukum atau pengacara (pembuat aturan).

> Ada orang yang entah ceroboh atau berani menempatkan titiknya di luar lingkarannya (entah dimana di kertasnya)

> Jarang sekali orang yang membalikkan kertasnya dan menempatkan titiknya di halaman sebaliknya itu. Itu mungkin tanda seorang yang “genius”.

6 thoughts on “A Circle and A Dot (Are You a Genius?)

  1. Pingback: Tweets that mention A Circle and A Dot (Are You a Genius?) « Mind of Wandering Child -- Topsy.com

Leave a Reply

